Satu Kendaraan, Beragam Nama

By willa widiana, Kamis, 28 Desember 2017 | 08:13 WIB
Satu Kendaraan, Beragam Nama (willa widiana)

Bobo.id – Kendaraan ini sudah ada sejak lama, bahkan sebelum kendaraan bermotor muncul. Kendaraan ini punya bentuk dan fungsi yang hampir sama, namun namanya saja yang berbeda.

Andong

Andong adalah alat tansportasi tradisional dari Yogyakarta, Solo, dan Klaten. Kendaraan ini punya kereta beroda empat yang cukup besar. Andong bisa ditarik oleh satu kuda.

Namun, jika muatan di dalam kereta andong cukup banyak, pemilik andong akan menariknya dengan dua ekor kuda atau lebih.

Baca Juga: Jeepney, Kendaraan Umum dari Filipina

Bendi

Di Sumatra Barat, kendaraan yang digerakkan dengan tenaga kuda ini disebut bendi. Kendaraan ini sudah ada di Sumatra Barat sejak zaman Belanda.

Bendi sangat mirip dengan andong, bedanya bendi hanya punya dua roda di keretanya. Bendi juga hanya bisa ditumpangi oleh empat orang dewasa.

Cidomo

Di Lombok ada kendaraan bernama cidomo. Cidomo sangat mirip dengan bendi, namun kendaraan ini menggunakan roda bekas mobil.

Keretanya juga sederhana, tidak banyak hiasan. Cidomo biasanya digunakan oleh pendududk yang tinggal di daerah yang cukup terpencil.

Baca Juga: Mobil-mobil Unik di Dunia

Delman

Delman sudah ada di Jakarta sejak zaman Belanda. Bahkan, delman menjadi salah satu kendaraan umum sebelum ada bus dan kereta.