Tanaman Baik dan Tanaman Jahat

By willa widiana, Kamis, 28 Desember 2017 | 12:11 WIB
Yarrow, tanaman baik (willa widiana)

Bobo.id – Tanaman adalah makhluk hidup, sama seperti manusia. O iya, tanaman juga ada yang baik dan ada yang jahat, lo! Sama seperti sikap manusia.

Bahan Kimia

Sikap baik dan sikap jahat pada manusia dibedakan oleh hatinya. Kalau tanaman berbeda. Tanam baik dan tanaman jahat dibedakan oleh bahan kimia yang ada di dalamnya.

Tanaman Baik

Tanaman yang baik biasanya mengandung bahan kimia yang bisa dijadikan obat. Contohnya tanaman daun seribu atau yarrow. Tanaman ini mengandung bahan kimia yang bisa mengatasi luka pendarahan.

Baca Juga: 3 Tanaman Pemakan Hewan

Pada zaman dulu, tanaman daun seribu atau yarrow digunakan oleh Achilleas (tentara Yunani) untuk mengatasi luka yang didapatkan karena perang. Karena pernah digunakan oleh Achilleas, tanaman ini dinamai Achillea millefolium, dalam bahasa latin.

Selain tanaman daun seribu atau yarrow, ada juga lavender. Tanaman wangi dan indah ini punya bahan kimia yang bisa membunuh bakteri. Karena itu, pada abad pertengahan, dokter selalu membawa bungkusan berisi lavender dan ramuan lain supaya tidak terkena wabah penyakit.

O iya, bunga lavender juga mengandung bahan kimia yang bisa mengusir nyamuk, lo, Teman-teman!

Baca Juga: Mengenal Tanaman Hias Asoka

Tanaman Jahat

Kalau bunga jahat biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya (racun). Contohnya tanaman pokeberries. Sekilas, tanaman ini sangat lucu. Bulatan-bulatan kecilnya mirip dengan dengan buah beri.

Namun, kita tidak boleh memakannya. Tanaman pokeberries bisa membuat kita diare, mual, kesulitan bernapas, hingga sakit kepala. Meski beracun bagi manusia, bahan kimia di dalam tanaman ini tidak beracun bagi beberapa jenis burung liar.

Baca Juga: Menumbuhkan Tanaman di Ruang ANgkasa

O iya, beberapa tanaman jahat bisa menyebrkan racunnya saat disentuh. Contohnya tanaman ivy. Bahan kimia yang ada di tanaman ini bisa membuat kulit kita ruam dan melepuh jika mengenai kulit.