Serba-serbi Air

By Aan Madrus, Senin, 1 Januari 2018 | 10:29 WIB
Foto (Aan Madrus)

Bobo.id - Air terdiri dari dua unsur, yaitu Hidrogen dan Oksigen. Rumus kimianya adalah H2O. Artinya setiap molekul air terdiri dari dua atom Hidrogen yang terikat pada satu atom Oksigen tunggal.

Dilihat dari bentuknya, air ada 3 macam, yaitu padat, cair, dan uap. Tetapi kalau orang menyebut kata air, pasti yang dimaksud adalah yang bentuknya cair. Sedangkan yang bentuknya padat disebut es dan yang bentuknya uap disebut uap air.

Air akan menjadi padat pada suhu 0 derajat Celcius. Dan akan menguap pada suhu 100 derajat Celcius.

Sekitar 70,9% dari permukaan Bumi tertutup air. Tetapi 97%-nya merupakan air laut yang asin. Hanya 3%-nya berupa air tawar. Air tawar itu terdapat di sungai, danau, rawa, dalam tanah, dan membeku di gletzer

Dilihat dari kandungannya, air tawar ada 3 macam, yaitu air murni, air permukaan, dan air tanah.

Air murni disebut juga air H2O. Air murni adalah air yang hanya mengandung zat Hidrogen dan Oksigen. Yang termasuk air murni adalah air hujan.  Air murni tidak boleh diminum terlalu banyak, karena air murni dapat menyerap mineral yang ada di dalam tubuh.

Air hujan jatuh ke permukaan Bumi. Sebagian air itu masuk ke dalam tanah, sebagian lagi tetap berada di permukaan tanah, mengalir dalam selokan, sungai, danau, kolam, dan lain-lain.

Air yang berada di permukaan tanah  disebut air permukaan. Air ini seringkali mengandung bakteri jahat. Karenanya air permukaan tidak baik untuk diminum.

Air yang masuk ke dalam tanah akan mengandung banyak mineral karena tanah mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, sodium, dan masih banyak lagi. Air tanah itu disebut air mineral.

Air mineral yang terbaik yang berada di kedalaman 100 meter. Air yang paling baik untuk diminum adalah air mineral.

Ketika lahir, 78% tubuh manusia terdiri dari air. Makin lama kandungan air itu makin berkurang. Rata-rata kandungan air di tubuh manusia itu antara 60 - 65%. Air itu tersebar di dalam tubuh.

Air ada di dalam otak, jantung, hati, dan ginjal. Air juga ada di dalam gigi dan tulang. Perlu diketahui, tubuh makhluk hidup terdiri dari jutaan sel. Sel itu berisi air dan berbagai bahan kimia.