Bunga Cantik yang Hidup di Padang Pasir

By willa widiana, Selasa, 2 Januari 2018 | 07:05 WIB
Brittlebush, Bunga Cantik yang Hidup di Padang Pasir (willa widiana)

Bobo.id – Padang pasir adalah tempat kering dan panas. Namun, di tengah panas dan keringnya padang pasir, ada beberapa bunga cantik yang hidup di sana. Apa saja kah bunga-bunga itu?

Brittlebush

Brittlebush (Encelia farinosa) adalah semak yang hidup di padang pasir. Semak ini punya daun panjang yang berbentuk oval dan berwarna abu-abu. Saat musim dingin dan musim semi, semak ini akan mengeluarkan bunganya yang berwarna kuning.

Brittlebush bisa ditemui di Gurun Sonora dan Gurun Mojave. O iya, tanaman ini masih satu keluarga dengan bunga matahari, lo! Jadi, Teman-teman jangan heran kalau brittlebush mirip dengan bunga matahari versi lebih kecil.

Baca Juga: 3 Bunga Nasional Indonesia

Batang brittlebush suka mengeluarkan cairan bening. Cairan bening itu bisa dijadikan lem, pasta gigi, dan penghilang rasa sakit. Namun, sebelum digunakan sebagai penghilang rasa sakit, cairan bening itu harus dipanaskan terlebih dahulu.

Kaktus Landak Crimson

Kaktus itu ada banyak jenisnya, salah satunya kaktus landak crimson (echinocereus triglochidiatus). Kaktus landak crimson punya tiga duri di setiap rusuknya. Duri itu bisa mencapai 5 cm.

Karena ukurannya pendek, duri di setiap rusuknya jadi sangat rapat.

Namun, di antara duri-duri tajam itu, selalu tumbuh bunga indah berwarna merah tua. Bunga ini akan mekar selama 3 – 5 hari.

Dari semua tanaman padang pasir, bunga milik kaktus landak crimson selalu tumbuh paling awal. O iya, kaktus landak crimson juga menghasilkan buah yang bisa dimakan oleh manusia, lo!

Baca Juga: Bunga Tepat Waktu

Kaktus landak crimson merupakan tumbuhan asli Amerika, ia tumbuh alami di Padang Pasir Sonoran.  Kaktus ini berkembang biak dan memperbanyak jumlahnya dengan bantuan angin.

Aster Mojave