Kutub Utara dan Kutub Selatan Termasuk Gurun, Lo!

By willa widiana, Selasa, 2 Januari 2018 | 11:44 WIB
Kutub Utara dan Kutub Selatan Termasuk Gurun, Lo! (willa widiana)

Bobo.id – Apa yang ada di dalam pikiran Teman-teman saat mendengar kata gurun? Mungkin banyak yang membayangkan tempat tandus yang panas dan dipenuhi pasir.

Hal itu tidak salah. Namun, adakah di antara Teman-teman yang membayangkan Kutub Selatan dan Kutub Utara saat mendengar kata gurun? Dua wilayah itu juga termasuk gurun, lo!

Gurun itu sebenarnya apa, sih?

Gurun adalah wilayah di Bumi yang punya curah hujan sedikit (kurang dari 250 mm per tahun). Curah hujan di kutub sekitar 200 mm per tahun. Karena hal itu, kutub pun bisa disebut gurun.

Baca Juga: Bunga Cantik yang Hidup di Padang Pasir

Gurun Itu Beragam

Di seluruh belahan Bumi, banyak daerah yang punya curah hujan kurang dari 250 mm per tahun. Meski punya curah hujan sedikit, beberapa daerah itu punya cuaca yang normal hingga dingin. Karena perbedaan cuaca itu, gurun pun dibagi menjadi empat jenis, yakni:

1. Gurun Kutub

Gurun kutub adalah wilayah Bumi yang jarang terkena hujan dan ditutupi es. Di Bumi ada dua gurun kutub, yakni Kutub Selatan dan Kutub Utara.

Kedua gurun itu menjadi dua gurun terluas di Bumi, jauh lebih luas daripada Gurun Sahara di Afrika.

Baca Juga: Gurun Pasir di Indonesia

2. Gurun Subtropis

Gurun subtropis adalah wilayah Bumi yang jarang terkena hujan dan punya suhu panas.

Di Bumi ada sekitar 12 gurun subtropis, dua di antaranya adalah Gurun Sahara di Afrika dan Gurun Arab di Timur Tengah. Kedua gurun itu mendapat julukan gurun terbesa ketiga dan keempat di dunia.