Mengapa Ada yang Latah Saat Terkejut?

By Yomi Hanna, Rabu, 3 Januari 2018 | 05:31 WIB
Bermain bersama teman pasti menyenangkan. (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Apakah teman-teman pernah melihat seseorang, yang kalau sedang kaget kemudian dia spontan mengeluarkan kata-kata tertentu?

Kondisi seperti ini sering kita sebut dengan latah. Melihat mereka yang latah terkadang dapat mengundang tawa orang di sekelilingnya. Kenapa seseorang bisa latah, ya?

Sebuah Gangguan Psikologis

Latah termasuk salah satu gangguan psikologis yang disebut dengan Culture Bound Syndrome. Disebut seperti ini karena latah hanya dijumpai pada penduduk Asia Tenggara, terutama di Indonesia dan Malaysia.

Konon sampai saat ini belum pernah ditemukan orang barat yang mengalami latah.

Baca juga : Mengenal Ciri-ciri Kleptomania

Ciri-ciri Latah

Ciri-ciri orang yang latah adalah ketika penderita dikagetkan oleh suara atau gerakan, mereka secara spontan akan mengeluarkan respon, baik berupa kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh.

Latah ini bukan gangguan psikologis yang serius. Bahkan banyak yang menganggap mereka yang latah, menjadi sebuah hiburan atau sesuatu yang lucu.

Kenapa Latah Bisa Terjadi?

Sebagian besar, latah terjadi karena adanya kecemasan atau perasaan tertekan. Dilansir dari laman hystech.net, ada 4 teori yang menjelaskan apa saja penyebab gangguan latah ini. Apa saja, ya?

Baca juga : Apakah Kleptomania Bisa Disembuhkan?