Sejarah Kepunahan Dinosaurus

By Yomi Hanna, Rabu, 3 Januari 2018 | 08:27 WIB
Dinosaurus (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Seperti yang kita tahu, bahwa dinosaurus adalah hewan purba yang pernah hidup sekitar ratusan juta tahun yang lalu.

Namun, saat ini dinosaurus sudah tidak ada lagi karena mengalami kepunahan. Bagaimana sejarah kepunahan hewan ini, ya?

Teori Alvarez

Ada beberapa teori yang menjelaskan bagaimana dinosaurus bisa punah. Pertama, dinamakan teori Alvarez yang diungkapkan oleh Walter Alvarez sekitar tahun 1970.

Teori ini mengungkapkan penyebab kepunahan dinosaurus adalah jatuhnya sebuah asteroid raksasa ke Bumi sekitar 65 juta tahun yang lalu. Tepatnya pada akhir zaman Cretaceous di Yucatan Peninsula, Meksiko.

Baca juga : Inilah Dinosaurus yang Unik, Mulai dari Terberat Sampai Terpintar

Sinar Matahari Tidak Bisa Masuk ke Bumi

Setelah peristiwa itu, Bumi pun tertutup awan, asap, serta debu yang pekat, hitam, dan tebal. Suasana pun menjadi gelap dan dingin karena sinar matahari tidak dapat menerobos ke Bumi.

Keadaan ini terjadi selama berbulan-bulan lamanya, sehingga menyebabkan tumbuhan yang ada di darat maupun di laut banyak yang mati.

Hujan Asam

Gas-gas kimi dari debu asteroid tersebut menyebabkan hujan asam. Hujan ini yang membuat laut, sungai, dan danau menjadi tercemar.

Makhluk hidup yang mati bertambah banyak, salah satunya adalah dinosaurus. Hewan ini mati karena terbakar api asteroid, badai, kelaparan, serta keracunan.