Gas Karbondioksida Bisa Berasal dari Hal Tak Terduga, Lo!

By willa widiana, Senin, 8 Januari 2018 | 05:31 WIB
Gas Karbondioksida Bisa Berasal dari Hal Tak Terduga, Lo! (willa widiana)

Bobo.id – Gas karbondioksida adalah salah satu gas yang menyebabkan pemanasan global. Ternyata, gas karbondioksida bisa berasal dari hal tak terduga.

Peternakan

Hewan-hewan yang ada di peternakan membutuhkan makanan, seperti jagung, kedelai, dan rumput.  

Agar bisa menanam jagung dan kedelai, banyak orang yang mengubah hutan menjadi perkebunan. Saat masa panen tiba, pakan ternak itu akan diangkut ke peternakan menggunakan kendaraan.

Hasil ternak seperti telur dan daging juga harus diangkut menggunakan kendaraan. Gas karbondioksida berasal dari kendaraan yang mengangkut pakan ternak dan hasil ternak.

Semakin jauh perjalanan yang ditempuh kendaraan pengangkut, semakin banyak juga gas karbondioksida yang dikeluarkan.

Pakaian

Pakaian yang kita gunakan kebanyakan terbuat dari kapas. Supaya bisa mendapatkan kapas yang cukup banyak, perusahaan pembuat pakaian harus mengubah hutan menjadi kebun kapas.

Setelah dibuat, pakaian-pakaian itu akan dikirim ke berbagai negara.

Pesawat yang digunakan untuk mengirim pakaian itu bisa mengeluarkan gas karbondioksida cukup banyak, lo! Menurut peneliti, gas karbon dari pakaian menduduki peringkat kedua, setelah peternakan.

Baca Juga: Sejarah Korek Api, dari Batu Sampai Gas

Perumahan

Ternyata, pembuatan perumahan juga bisa menimbulkan gas karbondioksida, lo! Saat membuat perumahan, pasti banyak kendaraan pengangkut bahan bangunan yang mengeluarkan gas karbondioksida.