Inilah 3 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

By Yomi Hanna, Jumat, 5 Januari 2018 | 03:01 WIB
Manfaat bagi kita setelah mendonorkan darah (Hanna Vivaldi)

Bobo.idDonor darah bisa menyelamatkan nyawa setiap orang yang membutuhkannya.

Agar stok darah terus tersedia, orang yang sehat perlu sekali untuk menyumbangkan darahnya. Apapun golongan darahnya, baik A, B, AB, dan O, pasti selalu dibutuhkan.

Selain bermanfaat untuk orang lain, pendonor darah juga bisa merasakan manfaatnya, lo. Apa saja, ya, manfaatnya buat kita?

1. Menyehatkan Jantung

Jika aliran darah di dalam tubuh kita lancar, sangat baik untuk kesehatan jantung.

Seperti yang dilansir dari Blood Flow Online, menyumbangkan darah secara teratur, bisa mengurangi ketebalan dan kelengketan darah. Sehingga, aliran darah menjadi lebih lancar di pembuluh darah, termasuk di daerah jantung.

Sementara itu, dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menunjukkan, mereka yang rutin mendonorkan darah memiliki risiko 88 persen lebih rendah terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak pernah menyumbangkan darahnya.

Baca juga : Siapa yang Pertama Kali Menemukan Golongan Darah Manusia?

2. Menurunkan Risiko Kanker

Penumpukan zat besi, berbahaya meningkatkan radikal bebas dalam tubuh dan bisa memicu kanker. Di mana zat besi merupakan salah satu mineral yang terkandung dalam darah.

Dengan begitu, mendonorkan darah, artinya sama dengan mengurangi simpanan zat besi sekaligus menurunkan risiko kanker.

Menurut The Miller-Keystone Blood Center, mendonorkan darah secara berkala dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, paru, usus besar, dan tenggorokan.