Mengenal Coulrophobia, Rasa Takut Terhadap Badut

By Cirana Merisa, Kamis, 4 Januari 2018 | 08:30 WIB
Badut dianggap bukan sebagai sosok yang lucu, tapi sebagai sosok yang seram. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Pada pesta ulang tahun, biasanya kita akan menjumpai badut berpakaian warna-warni. Tingkahnya yang lucu membuat kita tertawa terbahak-bahak.

Namun ternyata ada orang yang takut dengan badut, lo.

Apa Itu Coulrophobia?

Coulrophobia adalah rasa takut pada badut. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani kolon yang berarti orang yang berjalan di atas panggung dan phobos yang berarti ketakutan.

Orang yang mengalami coulrophobia ini sangat takut dengan badut, bahkan hanya memikirkannya saja membuatnya takut, lo.

Baca juga: Asal-Usul Si Badut yang Lucu

Gejalanya

Sama seperti fobia lainnya, coulrophobia ini gejalanya adalah rasa takut yang berlebihan, detak jantung dan napas lebih cepat, berkeringat banyak, bahkan sampai mual.

Orang yang mengalami fobia ini juga bisa jadi menangis, berteriak, dan marah kalau ada badut di dekatnya.

Mereka tidak akan melihat badut sebagai sosok yang lucu, justru mereka akan menjadi panik karena menganggap badut itu sebagai sosok raksasa dengan wajah menakutkan yang akan memakannya.

Baca juga: 5 Jenis Phobia yang Aneh

Penyebabnya

Sebagian orang memang tidak tahu pasti alasan kenapa takut badut, sama seperti fobia lainnya. Namun menurut penelitian, rasa takut pada badut ini bisa disebabkan karena kita tidak bisa mengetahui siapa orang di balik topeng badut itu, apakah dia orang baik atau orang jahat.

Selain itu, trauma pada suatu kejadian di masa lalu juga bisa menjadi penyebabnya, lo. Misalnya ada pengalaman buruk dengan badut saat datang ke pesta ulang tahun temannya. Bisa juga karena menonton film tentang badut menyeramkan, seperti film IT.