Fakta Unik Museum Bahari, Gudang Rempah Zaman VOC

By Putri Puspita, Kamis, 4 Januari 2018 | 10:45 WIB
Halaman Museum Bahari (Putri Puspita)

Bobo.id - Museum Bahari atau Kebaharian adalah sebuah museum di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara. Museum ini punya berbagai keunikan, lo, teman-teman. Apa saja itu?

Kerajaan Padjajaran

Daerah pelabuhan Sunda Kelapa sudah menjadi daerah penting untuk perdagangan Indonesia sejak zaman Kerajaan Padjajaran.

Wilayah yang dimaksud adalah daerah di sekitar museum ini. Waaaah! Bahkan, hingga Belanda datang ke Indonesia, wilayah ini masih menjadi pusat perdagangan internasional.

Berbagai cerita sejarah mengenai Jakarta dan gedung ini tersedia di sekitar museum. Semuanya jelas dan mudah dimengerti.

Baca juga: Museum Bahari, Tempat Bersejarah Negeri Maritim

Gudang Penyimpanan Rempah

Salah satu produk yang diperjualbelikan dalam perdagangan internasional adalah rempah-rempah. Di dalam museum ini pun kita juga tersedia berbagai jenis rempah agar pengunjung bisa mengenalinya.

Dulunya, gedung museum ini adalah gudang penyimpanan rempah yang dibangun pada tahun 1652. Wihhh, usianya lebih dari 350 tahun. Uniknya kayu-kayu yang digunakan masih asli sejak masa itu. 

Perahu Tradisional Sampai Modern

Namanya saja Museum Bahari, maka disini kita akan menemukan banyak perahu yang menjadi saksi bahwa nenek moyang kita adalah pelaut. Mulai dari replika perahu hingga perahu aslinya.

Bahkan, beberapa bagian perahu bersejarah yang sempat karam, juga masih disimpan di museum ini.

Hal yang menyenangkan adalah hampir setiap perahu berisi keterangan mengenai nama perahu dan kegunaannya.