4 Hewan Asia yang Hidup di Amerika

By willa widiana, Minggu, 7 Januari 2018 | 07:31 WIB
Nyamuk Macan Asia (willa widiana)

Bobo.id – Ternyata, bukan hanya manusia yang suka pindah tempat tinggal dan hidup di negara orang. Empat hewan di bawah ini contohnya. Keempat hewan itu awalnya hidup di Asia, namun karena beberapa alasan mereka harus tinggal di Amerika.

Belut Rawa Asia

Awalnya, belut ini sengaja didatangkan ke Amerika untuk dijadikan hewan hiasan. Namun, selain dipasarkan, belut ini juga dilepaskan di perairan Florida, Georgia, dan Hawaii.

Semakin lama, belut rawa asia semakin banyak. Beberapa di antaranya bahkan dilepaskan ke alam liar. Akhirnya, belut ini pun menjadi salah satu saingan bagi belut asli di sungai-sungai di Amerika.

Baca Juga: 5 Hewan Transparan

Ikan Gabus

Ikan gabus berasal dari perairan Asia, salah satunya Indonesia. Awalnya, ikan ini didatangkan ke Amerika untuk memenuhi kebutuhan ikan di sana.

Setelah sampai di Amerika, banyak ikan gabus yang dibebaskan ke alam liar. Kini, ikan gabus sudah menyebar ke Amerika bagian timur dan mulai memangsa spesies asli di tempat itu.

Nyamuk Macan Asia

Nyamuk ini masuk ke Amerika secara tak sengaja lewat ban karet asal Jepang. Jadi, nyamuk macan asia ini berkembang biak dalam air yang menggenang di dalam ban karet tersebut.

Tak disangka, nyamuk yang bisa menularkan virus Eastern Equine Encephalitis dan West Nile ini pun berhasil hidup dan berkembang di Amerika hingga saat ini.

Baca Juga: Panda Merah dan Kiang, 2 Hewan Unik dari Benua Asia

Rayap

Rayap yang berasal dari Tiongkok ini mendarat di Amerika melalui kapal dari Samudra Pasifik. Saat ini, rayap tersebut bisa ditemukan di seluruh barat daya Amerika Serikat.