Inilah Sejarah Kata 'OK' yang Sudah Digunakan Sejak 179 Tahun yang Lalu

By Yomi Hanna, Sabtu, 13 Januari 2018 | 04:37 WIB
Dari mana asal kata 'OK' yang sering kita gunakan, ya? (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – “Yan, besok sore latihan basket, jangan lupa, ya!” ucap Wawan dengan semangat. “Ok!” jawab Ryan tak kalah semangat.

Seperti Ryan, kita juga sudah sering menggunakan kata ‘OK’, bukan? Kata yang simpel dan singkat ini biasanya diucapkan untuk sebuat persetujuan atau ketika kita mengiyakan sesuatu kepada lawan bicara.

Namun, pernahkah teman-teman bertanya dalam hati dari mana asal kata ‘OK’ ini? Ternyata kata ini memiliki sejarah, lo. Yuk, kita simak penjelasannya!

Baca juga : Cerita Asal-usul Istilah Pedagang Kaki Lima

Oll Korrect

Kata ‘OK’ pertama kali berasal dari Amerika Serikat (AS). Banyak yang menganggap bahwa kata ‘OK’ ini merupakan singkatan dari kata Okay. Padahal itu tidak benar, justru dari kata 'OK' maka disebut Okay (ejaan OK dalam bahasa Inggris). 

Sebenarnya ‘OK’ itu adalah sebuah singkatan dari ‘Oll Korrect’, yang artinya semua benar. Kenapa tidak menggunakan kata ‘All Correct’, ya?

Baca juga : Sejarah dan Asal Usul Mudik di Indonesia

Tren Bahasa Slang

Sejarahnya dimulai dari tahun 1839. Waktu itu di Amerika Serikat sedang populer bahasa slang atau tidak baku (plesetan).

Bermunculan bahasa baru, seperti ‘KY’ untuk ‘Know Yuse’ yang merupakakan bahasa slang dari ‘Know Use’.

Kata ‘OK’ yang Bertahan Digunakan Hingga Kini

Lalu ada juga ‘OW’ untuk ‘Oll Wright’ yang merupakan bahasa slang dari ‘All Right’, kemudian ada ‘OK’ untuk ‘Oll Korrect’ yang merupakan bahasa slang dari ‘All Correct’.

Nah, dari semua bahasa slang yang waktu itu tren digunakan, hanya ‘OK’ lah yang masih bertahan digunakan hingga saat ini.