Ternyata Daun Mangga Memilki Manfaat, Salah Satunya Dapat Mengurangi Kecemasan

By Yomi Hanna, Rabu, 10 Januari 2018 | 10:25 WIB
Manfaat daun mangga. (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Buah mangga banyak disukai karena rasanya yang enak. Mangga juga mempunyai kandungan vitamin yang tinggi dan menyehatkan bagi tubuh kita.

Namun, tahukah, teman-teman? Ternyata tidak hanya buahnya saja yang baik untuk tubuh, tapi daunnya juga.  Padahal, selama ini kita jarang memanfaatkan daun mangga, ya.

Kira-kira manfaat daun mangga bagi kita untuk apa saja? Yuk, kita cari tahu!

1. Mengurangi Kecemasan

Daun mangga bisa digunakan untuk meredakan kecemasan yang berlebihan, lo. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Yaitu dengan mengambil segenggam daun mangga, kemudian dicuci bersih. Lalu guntingnya daun tersebut kecil-kecil untuk dicampurkan pada air hangat.

Baca juga : Fakta Unik Buah Mangga

Air hangat tadi ditaruh di dalam bak yang bisa kita pakai berendam.

Bagi masyarakat India, mereka melakukan cara yang berbeda. Seikat daun mangga ditaruh di atas pintu, untuk mencegah perasaan cemas terhadap keluarga mereka.

2. Mengobati Gangguan Telinga

Sakit pada telinga sangat mengganggu, karena bisa menghambat aktivitas kita sehari-hari. Sebab itu, daun mangga bisa kita manfaatkan untuk dibuat menjadi obat tetes telinga.

Caranya adalah dengan menghancurkan daun mangga dengan blender, lalu ampasnya disaring. Kemudian ekstrak daun mangga tadi dihangatkan dengan api kecil. Setelah hangat dan cukup aman dikulit, teteskan sedikit ke dalam telinga.

Setelah itu, sakit di telingapun akan perlahan berkurang.