Bahaya Asap Knalpot Bagi Makanan

By willa widiana, Minggu, 14 Januari 2018 | 05:01 WIB
Inilah Bahaya Asap Knalpot Bagi Makanan (willa widiana)

Bobo.id – Siapa yang suka jajan sembarangan di pinggir jalan? Kalau ada, mulai sekarang Teman-teman harus lebih hati-hati, ya!

Jajanan yang dimasak dan dijual di pinggir jalan bisa terkena asap yang berasal dari knalpot kendaraan.

Banyak orang yang tidak peduli dengan hal ini. Padahal, asap yang berasal dari knalpot kendaraan mengandung timbal. Timbal merupakan zat kimia berbahaya yang bisa memberikan efek buruk.

Keracunan

Jajanan yang mengandung timbal bisa membuat kita keracunan. Keracunan timbal biasanya diawali dengan mual-mual, muntah, mulut terbakar, hingga feses yang berwarna hitam.

Baca Juga: Uang Jajan Enaknya Diterima Harian atau Mingguan?

Kemampuan Belajar Menurun

Timbal yang masuk ke dalam tubuh bisa mengganggu konsesntrasi dan memori otak kita, lo! Jika dua hal itu terganggu, kemampuan belajar kita pun akan menurun.

Pertumbuhan Terganggu

Selain mengganggu konsentrasi, timbal juga bisa mengganggu pertumbuhan kita, lo, Teman-teman. Anak-anak yang pertumbuhannya terganggu biasanya punya tubuh pendek.

Baca Juga: Inilah 5 Fakta Tentang Jajanan

Kesehatan Terganggu

Timbal yang ada di dalam makanan akan mengendap di tubuh kita. Timbal yang mengendap ini akan mengganggu kesehatan kita, lo!

Jika dibiarkan terus menerus, pencernaan dan ginjal kita akan rusak. Bahkan, kita juga bisa terkena kanker, lo! Hih... seram!