Miss Baker, Monyet Pertama ke Ruang Angkasa

By Sylvana Toemon, Sabtu, 13 Januari 2018 | 09:10 WIB
Miss Baker, monyet kecil yang pernah ke luar angkasa dan kembali dengan selamat (Sylvana Toemon)

Bobo.idMonyet kecil bernama Miss Baker ini pernah ke ruang angkasa dan kembali dengan selamat.

Baca juga: 60 Tahun Laika ke Luar Angkasa

Baker, Monyet Kecil yang Imut

Baker melakukan penerbangan bersejarahnya pada tanggal 28 Mei 1959. Saat itu Baker terbang bersama monyet lain bernama Able.

Baker adalah seekor monyet betina yang ukuran badannya kira-kira sebesar tupai. Monyet kecil yang imut ini kemudian dikenal sebagai Miss Baker.

Able bertubuh lebih besar dari Baker. Pada penerbangan itu Baker dan Able ditempatkan dalam tabung yang dilengkapi dengan alat penunjang hidup. Tabung Baker ukurannya hanya sebesar termos minum.

Baca juga: Inilah 5 Perbedaan Kera dan Monyet

Sampul Majalah

Kedua monyet itu mengudara selama 9 menit pada ketinggian 360 mil. Setelah itu pesawat yang mereka tumpangi jatuh ke laut. Banyak orang mengira pesawat mereka tenggelam.

Kabar dari petugas pencari pesawat yang ditumpangi kedua monyet ini sangat dinantikan. Orang-orang di kapal penyelamat sangat gembira saat menemukan pesawat yang ditumpangi kedua monyet ini dalam keadaan baik.

Baker dan Able berhasil kembali ke Bumi dengan selamat. Keberhasilan itu menjadikan mereka terkenal. Foto kedua monyet ini pernah menjadi sampul depan sebuah majalah, lo.

Baca juga: Felicette, Kucing Pertama di Luar Angkasa

Miss Baker yang Panjang Umur

Able tidak berumur panjang. Monyet bertubuh besar itu mati beberapa hari setelah penerbangannya ke ruang angkasa.

Miss Baker masih hidup sampai 25 tahun kemudian. Sepanjang kehidupannya, Miss Baker sangat terkenal di kalangan anak-anak di Amerika Serikat.