Fenoma Alam Membentuk Es yang Unik

By Aan Madrus, Senin, 15 Januari 2018 | 04:45 WIB
Hoarfrost yang Cantik (Aan Madrus)

Bobo.id - Kita tahu, air di udara dingin akan menghasilkan es. Ternyata bukan hanya jadi es biasa, lo! Pada fenomena alam tertentu, bentuk es itu akan menjadi lain. Unik dan cantik!

Hoarfrost atau Embun yang Beku

Hoarfrost adalah embun yang membeku di benda-benda yang dekat permukaan tanah. Umumnya terdapat di dedaunan, rumput, dan lain-lain.

Hoarfrost terjadi di malam yang cerah dan tenang. Artinya malam itu tidak berawan. Pada kondisi seperti itu udara lebih cepat berubah menjadi dingin. Uap air yang ada di udara berubah menjadi air yang tipis yang disebut embun.

Embun itu lebih berat dari udara, maka ia akan turun ke Bumi. Bila suhu udara terus menurun sampai berada di bawah titik nol, embun yang sampai di Bumi dan menempel di dedaunan, rumput-rumput, tanah, dan lain-lain, akan mengkristal. Itulah hoarfrost.

Hoarfrost atau embun beku pernah terjadi di dataran tinggi Dieng. Hoarfrost yang cantik ternyata dapat merusak tanaman.

Baca juga: Bentuk Kepingan Salju Ternyata Berbeda-beda, lo!

Ice Circle atau Kepingan Es

Ice circle adalah kepingan es berbentuk lingkaran yang mengambang di permukaan air sungai yang memiliki arus lambat. Ice circle terjadi di musim dingin.

Karena dingin, permukaan air membeku menjadi lempengan-lempengan es. Lempengan es itu bergerak pelan mengikuti arus.

Di kelokan sungai, arus air menciptakan sebuah kekuatan yang disebut rotational shear. Rotational shear menyebabkan lempengan es patah dan berputar. Mereka berputar terus dengan perlahan. Kadang-kadang saling bertabrakan, sehingga lempengan es akhirnya berbentuk lingkaran.

Ice circle umumnya terjadi di Skandinavia dan Amerika Utara, tapi pada tahun 2009 dikabarkan terjadi di Inggris. Dan awal tahun ini fenomena ice circle terjadi di Tiongkok.