Pasar Terapung Lok Baintan

By Sylvana Toemon, Kamis, 25 Januari 2018 | 03:10 WIB
Pasar Terapung Lok Baintan (Sylvana Toemon)

Bobo.idPasar di Banjarmasin ini berbeda dari kebanyakan pasar. Penjual dan pembeli sama-sama berada di atas perahu. Namanya Pasar Lok Baintan, pasar terapung.

Baca juga: 5 Perahu Nusantara

Pasar Tanpa Bangunan

Pasar terapung Lok Baintan berada di Sungai Martapura. Tidak ada bangunan di pasar ini. Pasar ini terjadi karena berkumpulnya para pedagang di tempat ini. Mereka menggunakan jukung, sejenis perahu kecil yang digerakkan menggunakan dayung. Para pedagang itu berkumpul, berbaur dengan pembeli.

Baca juga: Terjebak di Pasar Kuno

Pasar Pagi

Pasar ini selalu ada setiap pagi saat hari cerah. Kegiatan jual beli mulai sejak Matahari belum terbit, saat hari masih gelap. Kegiatan di pasar ini mulai berkurang pada sekitar pukul 8 pagi. Saat siang, pasar terapung ini sudah tak terlihat.

Baca juga: Soto Banjar Bawah Jembatan

Sarapan di Atas Air

Pedagang yang kebanyakan penduduk sekitar sungai ini menjual hasil kebun mereka berupa sayuran dan buah-buahan. Ada juga yang menjual aneka makanan. Makanan siap makan yang dijual cocok untuk menu sarapan. Pengalaman sarapan di atas air pasti tidak akan terlupakan. Kita dapat menikmati soto banjar dan kue-kue tradisional sambil minum teh di pasar ini. Apakah kamu ingin berkunjung ke pasar terapung Lok Baintan?