Inilah 3 Bendera yang paling Unik di Dunia

By Yomi Hanna, Kamis, 1 Februari 2018 | 06:30 WIB
Bendera Friesland (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Dalam sebuah negara, bendera adalah salah satu identitas yang penting, yang bisa menggambarkan jati diri negara tersebut.

Misalnya saja bendera negara kita, merah putih, di mana merah melambangkan keberanian dan putih melambangkan kesucian.

Setiap negara menciptakan warna dan desain benderanya yang khas, yang menggambarkan ciri negaranya masing-masing.

Nah, di bawah ini ada 3 bendera yang unik dan berbeda dari bendera negara pada umumnya, lo. Seperti apa, ya, benderanya?

Baca juga : Mengapa Warna Ungu Jarang Digunakan Pada Bendera Negara?

1. Friesland

Friesland adalah salah satu provinsi yang ada di Belanda dan memiliki bendera yang cukup unik. Benderanya terdiri dari empat garis biru dan tiga garis putih yang miring. Di garis putih itu, terdapat tujuh pompeblêden. Pompeblêden ini berbentuk daun hati lili air kuning (Nuphar lutea) yang berwarna merah.

2. Kyrgyzstan

Dulunya, Kyrgyzstan adalah wilayah bagian dari Uni Soviet. Namun, sekarang wilayah ini sudah berdiri sendiri sebagai sebuah negara.

Bendera Kyrgyzstan sangat unik. Dasar bendera berwarna merah, di bagian tengahnya dihiasi gambar yang mirip dengan bola tenis berwarna kuning.

Baca juga : Asal-usul Bendera Putih Sebagai Simbol Menyerah

Padahal kenyataannya, gambar itu melambangkan 40 cahaya sinar matahari yang melambangkan adanya 40 suku yang sama dan bulatan mirip bola tenis adalah sebuah simbol atap yurt, rumah tradisional negara ini.