Mengunjungi Kampung Cyber Yogyakarta yang Mendunia

By Yomi Hanna, Sabtu, 3 Februari 2018 | 05:31 WIB
Warga bergotong royong membuat mural di Kampung Cyber (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Apakah teman-teman pernah mengunjungi Kampung Cyber di Yogyakarta? Kampung ini tepatnya berada di Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Objek Wisata Yogyakarta

Kampung Cyber didirikan pada tahun 2006 yang lalu, oleh Antonius Sasongko. Kampung ini sengaja dirancang oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama warga setempat, untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Punya Website Sendiri

Hampir setiap rumah di kampung ini sudah dipasangi jaringan internet. Termasuk area pos ronda, terpasang hotspot gratis bagi warga yang tinggal di sana.

Baca juga : Kampung 3D yang Ada di Indonesia

Bahkan warga juga membuat website sendiri untuk Kampung Cyber dengan link www.rt36kampoengcyber.com.

Isinya adalah berbagai informasi kegiatan di Kampung Cyber, tempat wisata, bahkan website tersebut dimanfaatkan untuk menjual hasil karga warga setempat. Keren, ya!

Semua Warga Melek Internet

Semua masyarakat di Kampung Cyber memang sangat melek (mengerti) internet. Mereka sangat aktif memanfaatkan internet untuk membantu kehidupan sehari-harinya.

Misalnya saja, warga kampung memanfaatkan Facebook untuk berdiskusi dan membahas kondisi kampung, mengabarkan berita, seperti undangan rapat, berita kelahiran, ataupun pernikahan.

Sebagian warga juga memanfaatkan internet untuk melakukan bisnis Usaha Kecil & Menengah (UKM)