Kesumba Keling, Tanaman Pewarna Lipstik

By Aan Madrus, Minggu, 11 Februari 2018 | 06:15 WIB
Buah kesumba keling mirip rambutan tapi bijinya kecil-kecil (Aan Madrus)

Bobo.id - Dalam Kamus bBahasa Indonesia, kesumba artinya segala tumbuhan yang menghasilkan cat merah. Kesumba Keling adalah salah satunya. Yuk, kita lihat!

Buahnya Cantik

Tanaman kesumba keling dalam bahasa Latin disebut Bixa orellana. Nama ini diberikan untuk menghargai seorang penjelajah sungai Amazon asal Spanyol yang bernama Francisco de Orellana.

Tanaman kesumba keling merupakan tanaman perdu yang tigginya 2 – 9 meter.

Tanaman ini berasal dari Amerika bagian tengah dan selatan. Tanaman ini suka tumbuh di daerah yang banyak sinar mataharinya dan tinggi curah hujannya.

Tanaman kesumba keling berdaun kecil dan berbunga warna merah muda atau putih. Yang paling menarik perhatian dari tanaman ini adalah  buah  yang berwarna merah dan berbulu, mirip buah rambutan.

Berbeda dengan rambutan yang berbentuk bulat, buah kesumba keling berbentuk segitiga. Cantik sekali.

Banyak Manfaatnya

Di dalam buah kesumba keling terdapat banyak biji kecil berwarna merah tua.

Kulit biji ini bila direndam dalam air menghasilkan cairan warna merah yang bisa digunakan untuk mewarnai bahan anyaman, cat kuku, dan lipstik. Karenanya di daerah asalnya, ada yang menyebut tanaman ini lipstick tree atau tanaman lipstik.

Ada yang menyebutnya achiote yang artinya tanaman semak. Ada juga yang menyebutnya urucu atau urucum yang artinya berwarna merah.

Tanaman ini banyak gunanya. Selain bijinya yang digunakan sebagai bahan perwarna, kulit kayunya bisa digunakan sebagai tali, sedangkan daun dan batangnya digunakan sebagai obat demam, diare, kurang nafsu makan, masuk angin, dan perut kembung.