Galaksi Arp 188, Bentuknya Mirip Kecebong

By Sylvana Toemon, Selasa, 13 Februari 2018 | 03:10 WIB
Galaksi Arp 188, bentuknya mirip kecebong (Sylvana Toemon)

Bobo.idGalaksi ini memiliki ekor. Sekilas bentuknya mirip kecebong. Galaksi bernama Arp 188 ini kemudian lebih dikenal sebagai Galaksi Kecebong atau Tadpole Galaxy.

Baca juga: Bimasakti, Galaksi Tempat Bumi Kita Berada

Galaksi Berekor Panjang

Galaksi yang terletak di Rasi Draco ini berada di belahan langit utara Bumi. Galaksi  Arp 188 ini terlihat berkepala bulat, dan memiliki ekor yang panjang. Galaksi ini letaknya sekitar 420 juta tahun cahaya dari Bumi. Ekornya yang panjang itu juga terdiri dari bintang-bintang berwarna biru. Berbeda dengan bintang-bintang di bagian kepala yang berwarna kuning kemerahan.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Galaksi di Alam Semesta Saling Bertabrakan?

Tabrakan Galaksi

Galaksi berbentuk mirip kecebong ini sebenarnya terdiri dari 2 galaksi yang bertabrakan. Peristiwa galaksi yang bertabrakan atau bergabung cukup sering terjadi di alam semesta.

Pada galaksi berbentuk kecebong ini, bagian kepala dan ekor adalah 2 galaksi yang berbeda. Galaksi “kepala” adalah galaksi spiral yang ukurannya lebih besar. Galaksi “ekor” ukurannya lebih kecil.

Baca juga: Galaksi IC 1101, Galaksi Elips Terbesar di Alam Semesta

Tidak Selamanya Mirip Kecebong

Gaya gravitasi galaksi yang lebih besar menarik galaksi yang lebih kecil sehingga membentuk garis seperti ekor. Galaksi ini diameternya sekitar 390.000 tahun cahaya. Sementara ekornya sepanjang 180.000 tahun cahaya. Bentuk galaksi ini tidak selamanya mirip kecebong, lo. Bagian “ekor” lama-lama akan bergerak mengitari galaksi “kepala”.