Yu Sheng, Salad di Perayaan Imlek

By Sylvana Toemon, Kamis, 15 Februari 2018 | 03:10 WIB
Yu sheng yang menyimbolkan kebersamaan (Sylvana Toemon)

Bobo.id  – Salah satu makanan khas perayaan Imlek adalah yu sheng. Ada juga yang menyebutnya yee sang. Seperti apakah makanan ini?

Baca juga: Mengenal Jeruk Imlek

Sejenis Salad

Yu sheng adalah sejenis salad yang terdiri dari lebih dari 15 bahan. Bahannya meliputi sayuran, buah, ikan, yang dilengkapi dengan bumbu kayu manis bubuk, wijen, keripik, minyak ayam, lada putih, dan saus plum. Bahan-bahan ini disajikan di tengah meja berupa tumpukan yang terpisah.

Baca juga: Makna Warna Merah Dalam Perayaan Imlek

Diaduk Sebelum Makan

Bahan-bahan ini harus diaduk rata sebelum dimakan. Nah, cara mengaduknya unik, lo. Orang-orang yang makan bersama di meja itu mengaduk yu sheng bersama-sama dengan menggunakan sumpit. Caranya dengan membolak-balik bahan yu sheng, mengangkatnya tinggi-tinggi, kemudian menjatuhkannya. Makin tinggi mengaduknya, maknanya makin baik.

Baca juga: Makna Filosofis Kue Keranjang Dalam Perayaan Imlek

Makna Kebersamaan

Kegiatan meracik dan mengaduk yu sheng ini memiliki makna kebersamaan. Bahan dan bumbunya yang bermacam-macam melambangkan rezeki yang berlimpah serta keberuntungan.

Bahan-bahan yu sheng yang sudah dicampur rasanya sedap dan segar. Ikan mentah yang menjadi salah satu bahannya tidak terasa amis karena berpadu dengan bahan lainnya. Kriuk kriuk dari keripik membuat makan yu sheng bertambah seru.