Mau Boneka Kita Bebas Tungau? Ini Caranya

By Lila, Selasa, 20 Maret 2018 | 05:01 WIB
Membekukan boneka bisa menghlangkan tungau yang menempel. (Lila)

Bobo.id - Mainan yang bertekstur lembut seperti boneka atauyang terbuat dari kain, wol, dan lainnya adalah salah satu tempat favorit tungau.

Jadi, tidur sambil ditemani boneka juga berisiko membuat kita terkena alergi tungau, lo. Hiiii…sebaiknya hindari hal ini, ya, teman-teman.

Lalu, bagaimana bila boneka atau mainan kita yang bertekstur lembut terlanjur berdebu sehingga kemungkinan besar banyak tungau bersemayam di sana?

Sebetulnya, dicuci seperti biasa juga bisa saja. Tapi, boneka bisa kehilangan kelembutannya, atau bahkan bagian dalamnya hancur.

BACA JUGA: Harganya Fantastis, Inilah 3 Boneka Termahal di Dunia!

Jangan khawatir. Penelitian klinis terbaru telah mengemukan metode praktis untuk menghilangkan tungau dari mainan kita.

Cara ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Ini dia caranya.

  1. Bekukan boneka atau mainan bertekstur lembut di freezer kulkas selama 1-2 hari. Pembekuan ini akan membunuh tungau, tapi tidak merusak mainannya.
  2. Setelah mencair, masukkan mainan ke mesin pengering selama 15-20 menit. Guncangan mesin pengering akan membuang tungau dan kotorannya yang menempel di mainan.
  3. Jika mainannya kotor, cuci dengan lembut di air hangat atau air dingin. Setelah itu, masukkan ke mesin pengering, lalu keringkan sampai benar-benar kering. 
  4. Selain cara di atas, menghilangkan tungau juga bisa dilakukan dengan vacuum cleaner. Dengan memvakum seminggu sekali, kita tidak hanya menyedot debu yang menempel di boneka atau mainan bertekstur lembut, melainkan juga membuat bulu boneka kembali mengembang.

Caranya mudah, bukan? Tapi, tetap mintalah bantuan orangtua untuk melakukannya, ya. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Kisah Mesin Jahit Tua