Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu Itu Sama atau Tidak, Sih?

By willa widiana, Kamis, 10 Mei 2018 | 10:01 WIB
Apa bedanya besok, lusa, tulat, dan tubin, ya? (willa widiana)

Uniknya lagi, bahasa Melayu itu kata-katanya banyak yang sama atau mirip dengan bahasa Indonesia. Apakah bahasa Melayu itu sama dengan bahasa Indonesia?

BACA JUGA: 5 Fakta Kemerdekaan Republik Indonesia

Cikal bakal

Menurut sejarah, cikal bakal bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu. Dengan kata lain, bahasa Indonesia itu merupakan anakan dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu sendiri merupakan anakan dari bahasa Austronesia.

Bahasa Melayu mulai digunakan secara luas sebagai bahasa perantara perdagangan antar bangsa pada zaman kejayaan Kerajaan Sriwijaya, sekitar abad ke-7.

BACA JUGA: Tiga Fakta Unik Seputar Bahasa Indonesia

Jalur Perdagangan

Pada waktu itu, para pedagang mancanegara yang hendak berlabuh dan berdagang di Sriwijaya kemungkinan besar menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa perantara. Kalau tidak menggunakan bahasa perantara yang disepakati, bagaimana mereka bisa bertransaksi?

Demikian pula pada masa kejayaan Kesultanan Malaka, abad ke-15. Bahasa Melayu semakin berkembang dan dipergunakan lebih luas. Betapa tidak, pada waktu itu Selat Malaka sudah menjadi jalur pelayaran yang sangat ramai bagi perdagangan mancanegara.

Melalui jalur perdagangan dan hubungan antar kerajaan, bahasa Melayu pun menyebar ke seluruh pelosok nusantara.

BACA JUGA: 5 Penulisan Bahasa Indonesia yang Sering Salah