Keren, Jalan Tol Ini Disuguhi Pemandangan Gunung Merbabu yang Indah

By willa widiana, Jumat, 8 Juni 2018 | 14:45 WIB
Pemandangan menuju gerbang tol. (Kementerian PUPR)

Bobo.id - Di tahun 2017 lalu, ada jalan tol baru yang merupakan jalan tol Trans Jawa untuk arus Semarang-Solo.

Nama tol tersebut adalah Bawen-Salatiga, yang terbentang sepanjang 17,5 kilometer. Tol ini nantinya diharapkan dapat memperlancar arus mudik yang melalui kota Salatiga.

Berbeda dari jalan tol lainnya, jalan tol Bawen-Salatiga ini menyajikan pemandangan yang indah di sepanjang lintasan jalannya.

Misalnya saja, terlihat bukit-bukit, hamparan perkebunan, dan Gunung Merbabu, membuat siapa saja yang melewatinya tidak merasa bosan. Ternyata, selain dimanfaatkan untuk mudik, memang tol ini nantinya dipakai juga untuk jalur wisata.

BACA JUGA: Keren! Jalan Tol Ini Dibangun di Atas Sungai dengan Pemandangan Alam yang Indah

Jejeran Pemandangan yang Menyejukkan Mata

Saat kita memasuki tol Bawen-Salatiga dari arah Semarang, pemandangan perbukitan langsung terlihat di sisi kiri dan kanan jalan. Sangat indah, jalanan yang kita lewati adalah jalanan yang membelah bukit Polosiri.

Tidak hanya itu, di tengah bentangan bukit-bukit, kita juga dapat melihat pemandangan di atas Jembatan Tuntang sepanjang 370 meter, yaitu berupa kebun kopi, sungai, hingga Stasiun Tuntang.

BACA JUGA: Mengenal Indonesia dengan Membaca 'Jurnal Perjalanan Kulari ke Pantai'

Gunung Merbabu yang Indah

Di akhir perjalanan melewati tol Bawen-Salatiga ini, ditutup dengan pemandangan langsung Gunung Merbabu.

Untuk dapat melihat pemandangan yang indah ini, kita disarankan untuk melewati jalan tol di pagi harinya. Karena di atas pukul 10.00 WIB, Gunung Merbabu sudah mulai dututupi awan.

Pemandangan Gunung Merbabu ini menjadikan gerbang tol Salatiga menjadi salah satu yang terindah di dunia, hampir sama dengan pemandangan jalan tol yang ada di Swiss.