Inilah Jurus yang Dilakukan Para Penghuni Laut Supaya Bisa Hidup

By willa widiana, Sabtu, 9 Juni 2018 | 17:00 WIB
Beberapa ikan punya jurus berkelompok. (Creative Commons - Dino van doorn)

Bobo.id – Kehidupan di alam liar sangat keras. Di laut misalnya, hewan yang lemah akan menjadi makanan bagi hewan yang kuat.

Jadi, para penghuni lautan harus punya jurus sendiri agar bisa bertahan hidup. Kira-kira, jurus apa yang dipakai para penghuni laut untuk bertahan hidup? Kita cari tahu, yuk!

BACA JUGA: Hiu, Hewan yang Dianggap Kejam, Namun Dibutuhkan Makhluk Laut

Berkelompok

Hidup secara berkelompok merupakan jurus yang cukup ampuh untuk menghadapi kekejaman lautan. Lumba-lumba dan ikan tuna merupakan dua contoh penghuni laut yang menggunakan jurus berkelompok untuk bertahan hidup.

Dalam kelompok itu, mereka akan saling melindungi dan menolong satu sama lain. Selain itu, para anggota kelompok yang lebih besar dan kuat akan melindungi anggota yang sakit dan juga bayi-bayi di dalam kelompoknya.

BACA JUGA: Harta Karun dari Tiongkok Ini Ditemukan di Laut Jawa, Apa Isinya?

Bersembunyi

Bagi para penghuni laut yang berukuran “mini”, seperti kuda laut dan naga laut, bersembunyi merupakan jurus yang cukup ampuh agar bisa bertahan hidup. Biasanya hewan-hewan kecil dan lambat itu akan bersembunyi dibalik rumput laut.

Kenapa rumput laut? Karena rumput lautlah tempat yang bisa menyembunyikan tubuh mereka dengan sempurna. O iya, saat bersembunyi, kuda laut akan melilitkan ekornya pada sesuatu agar tidak terbawa arus laut.

Kuda laut punya jurus bersembunyi di antara rumput laut. (Pixabay)

Berkamuflase

Jika tidak bisa bersembunyi, beberapa penghuni laut akan berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. Ikan berwarna cerah biasanya berkamuflase diantara karang-karang yang berwarna cerah dan ikan sebelah akan berkamuflase dengan pasir-pasir di dasar laut.