Bumblebee, 1 dari 250 Spesies Lebah yang Masih Bertahan di Bumi

By willa widiana, Jumat, 22 Juni 2018 | 16:45 WIB
Bumblebee (Pixabay)

Bobo.id – Spesies lebah itu sangat banyak. Namun, banyak di antara mereka yang punah. Akhirnya, spesies yang tersisa pun hanya sekitar 250 spesies.

Dari sekian banyak spesies yang masih bertahan, bagaimana kalau kita berkenalan dengan bumblebee? Ia punya tubuh berwarna kuning dan hitam, mirip seperti bumblebee di animasi Transformers.

BACA JUGA: Nyamuk dan Lebah Selalu Melakukan Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Tubuhnya

Gemuk dan Berbulu

Bumblebee termasuk lebah yang gemuk dan berbulu. Tubuh mereka lebih besar dari lebah madu, namun mereka tidak bisa menghasilkan banyak madu.

Meski tidak bisa menghasilkan banyak madu, bumblebee merupakan salah satu hewan penyerbuk yang cukup penting bagi para tanaman.

Bersayap Kecil

O iya, bumblebee punya sayap yang kecil. Namun, sayapnya bisa mengepak sebanyak 130 kali dalam satu detik.

Pada tahun 2005, seorang fotografer berhasil mengambil foto bumblebee yang sedang terbang. Ternyata, bumblebee mengepakkan sayapnya maju-mundur, bukan naik-turun.

BACA JUGA: Bertelur Sebanyak 1.500 Butir Tiap Hari, Ini Fakta Menarik Ratu Lebah

Ada di Seluruh Dunia

Bumblebee ada di seluruh dunia. dari Argentina, Chili, hingga Kanada. Meski ada di seluruh dunia, bumblebee tetap punya perbedaan.

O iya, bumblebee tidak akan mati ketika mereka menyengat. Beda dengan lebah madu yang langsung mati setelah menyengat musuhnya.