Ingin Punya Ingatan yang Kuat? Sering-seringlah Menulis Tangan

By willa widiana, Sabtu, 7 Juli 2018 | 11:00 WIB
Menulis bisa embuât ingatan semakin kust (Pixabay)

Bobo.id – Saat ini, kegiatan menulis sudah mulai ditinggalkan. Orang-orang lebih senang mengetik di laptop atau tablet, karena lebih praktis.

Namun, tahukah teman-teman? Menulis bisa membuat ingatan kita semakin kuat, lo! Hal itu sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

BACA JUGA:Tak Perlu Mengetik, Kita Bisa Menulis Pesan dengan Suara di WhatsApp

Penelitian Terhadap Mahasiswa

Pam Mueller dari Princeton University dan Daniel Oppenheime dari University of California melakukan penelitian kepada beberapa mahasiswa.

Mahasiswa yang menjadi peserta penelitian mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama ditugaskan untuk mendengarkan penjelasan dari dosen sambil menulis.

Kelompok mahasiswa yang kedua ditugaskan mendengarkan penjelasan dari dosen sambil mengetiknya di laptop.

BACA JUGA:Sudahkah Kamu Menulis Huruf Ini dengan Benar?

Lebih Mengerti Apa yang Dicatat

Setelah selesai, mereka memeriksa tulisan dan ketikan para mahasiswa. Mahasiswa yang mengetik di laptop punya catatan yang lengkap, isinya mirip dengan apa yang dikatakan dosen.

Sebaliknya, mahasiswa yang menulis tangan catatannya tidak lengkap, tidak beraturan, dan tidak tersusun seperti apa yang dikatakan dosen.

Namun, ketika ditanya mahasiswa yang menulis tangan bisa memahami dan mengingat materi yang diterangkan dengan baik, daripada mahasiswa yang mengetik di laptop.

BACA JUGA:Kenapa Gaya Menulis di Beberapa Negara Berbeda-beda?