Selada Merah, Renda Indah yang Renyah dan Bergizi Saat Dikonsumsi

By Putri Puspita, Rabu, 11 Juli 2018 | 17:30 WIB
Selada merah (Putri Puspita)

Bobo.id – Selada ternyata bukan hanya berwarna hijau, tetapi ada juga yang merah. Sudah pernah merasakannya? Yuk, simak ulasan mengenai selada merah.

Renda Merah yang Cantik

Pada ujung daun selada terdapat warna merah seperti renda yang indah, maka dari itu disebut selada merah. Nama latin dari selada merah adalah Lactuca sativa var. acephala. Selada ini sering juga dipanggil ollo rosso atau selada bokor.

BACA JUGA:Serba-serbi Selada, Sayuran Cantik yang Awalnya Ditanam untuk Obat

Selada merah terkenal berasal dari Italia, tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa selada ini sudah dibudidayakan sejak lama oleh bangsa Mesir Kuno karena berkhasiat sebagai obat.

Lembut dan Renyah

Selain warnanya, sensasi menikmati selada merah juga begitu disukai.

Ketika dikunyah, teksturnya lembut sekaligus renyah, sehingga sering digunakan dalam salad. Rasa selada ini memang sedikit pahit karena pigmen warnanya.

BACA JUGA:Selada, Pernah Jadi Makanan Para Raja Persia

Nutrisi

Selada merah merupakan bahan makanan yang memiliki nutrisi yang lengkap. Di dalamnya terdapat karbohidrat, protein, dan serat. Kandungan vitamin di dalamnya juga lengkap, mulai dari vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Di dalam selada merah juga ada kandungan mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi yang lainnya.