Berkenalan dengan Hewan Khas dari Wilayah Indonesia Bagian Barat

By willa widiana, Jumat, 13 Juli 2018 | 12:30 WIB
Ceumpala Kuneng ()

Bobo.id – Indonesia dibagi menjadi tiga, yakni Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Setiap wilayah Indonesia itu terdiri dari beberapa provinsi.

Di sini, Bobo akan mengajak teman-teman mengenal provinsi mana saja yang masuk ke tiga wilayah itu, sekaligus hewan apa saja yang menjadi ciri khas di provinsi tersebut.

Kita langsung mulai saja, yuk! Kita mulai dari wilayah Indonesia bagian barat, yuk!

BACA JUGA:Setiap Manusia Memiliki Sidik Jari, Apakah Hewan Juga Punya?

Aceh, provinsi yang ada di paling barat Indonesia ini punya Ceumpala Kuneng (Trichixos pyrropygus) atau kucica ekor kuning sebagai hewan khasnya.

Sumatera Utara, kalau di provinsi ini hewan khasnya adalah Beo Nias (Gracula religiosa robusta). Hewan ini juga dikenal dengan sebutan mamiang atau tiong emas.

Sumatera Barat, punya Kuau Raja (Argusianus argus) sebagai hewan khasnya. Kuau Raja jantan bisa mencapai panjang 200 cm saat dewasa.

Riau, Serindit (Loriculus galgulus) adalah burung kecil yang didominasi warna hijau. Burung ini merupakan hewan khas dari provinsi Riau.

Ikan Kakap ()
BACA JUGA:Majalah Bobo Edisi 13 (Terbit 5 Juli 2018), Spesial Hewan Peliharaan!

Kepulauan Riau, menjadikan Ikan Kakap (Lutjanus sanguineus) sebagai hewan khasnya. Ikan ini suka hidup bergerombol di sekitar terumbu karang.

Jambi, punya Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) sebagai hewan khasnya. Sayang, hewan ini terancam punah karena banyak diburu dan dibunuh warga.

Sumatera Selatan, Ikan Belida (Chitala lopis) merupakan hewan khas dari provinsi ini. Ikan ini punya bentuk tubuh yang unik, lo, teman-teman.