Berkenalan dengan Hewan Khas dari Wilayah Indonesia Bagian Tengah

By willa widiana, Sabtu, 14 Juli 2018 | 15:45 WIB
Pesut Mahakam ()

Bobo.id – Beberapa waktu lalu, Bobo sudah pernah membahas hewan khas dari wilayah Indonesia bagian barat.

Kali ini, Bobo akan mengajak teman-teman mengenal provinsi mana saja yang masuk ke wilayah Indonesia tengah, sekaligus hewan apa saja yang menjadi ciri khas di provinsi tersebut.

Kita langsung mulai saja, yuk!

BACA JUGA:Bukan Hanya untuk Manusia, Penyeberangan untuk Hewan Juga Ada, lo!

Kalimantan Utara, baru dibentuk tahun 2012. Dulu, wilayah ini bagian dari Kalimantan Timur. Hewan khas provinsi ini sama dengan Kalimantan Timur, yakni Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris).

Kalimantan Timur, Pesut Mahakam adalah hewan khas dari provinsi ini. Pesut mahakam adalah sejenis lumba-lumba air tawar.

Kalimantan Selatan, provinsi ini punya Bekantan (Nasalis larvatus) sebagai hewan khasnya. Bekantan adalah primata berhidung besar yang dijadikan lambang salah satu taman bermain.

BACA JUGA:Hewan yang Mirip Laba-laba Ini Hidup di Laut, Hewan Apakah Ini?

Bali, hewan khas dari provinsi ini adalah Jalak Bali (Leucopsar rotschildi). Burung ini hanya hidup di hutan bagian barat Pulau Bali.

Nusa Tenggara Barat, provinsi ini punya Rusa Timor (Cervus timorensis) sebagai hewan khasnya. Rusa Timor juga dikenal dengan sebutan sambar atau menjangan.

Nusa Tenggara Timur, Komodo (Varanus komodoensis) adalah hewan khas dari provinsi ini. hewan ini merupakan hewan endemik yang menjadi salah satu kebangaan Indonesia.

BACA JUGA:15 Hewan Ini Mewakili 15 Negara, Hewan Apa yang Mewakili Indonesia?