Alergi Dingin? Ikuti Cara untuk Mencegahnya

By Iveta Rahmalia, Minggu, 15 Juli 2018 | 15:30 WIB
Mencegah alergi dingin. (MaxPixel)

Bobo.id - Pernah merasa gatal-gatal saat dingin?

Gejala gatal-gatal saat dingin ini bisa jadi merupakan pertanda kalau kamu alergi terhadap dingin.  Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Alergi Dingin

Alergi bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena dingin. Dalam istilah medis, alergi dingin disebut juga urtikaria dingin.

Alergi dingin ditandai dengan reaksi kulit terhadap suhu yang dingin, menyebabkan munculnya bilur atau bentol kemerahan yang terasa gatal.

BACA JUGA: Serba-Serbi Alergi Makanan Laut, Apakah Kamu Mengalaminya?  

Penyebab Alergi Dingin

Alergi dingin terjadi karena dilepaskannya zat yang bernama histamin dan zat kimia lain ke dalam aliran darah karena suhu yang dingin.

Hal ini memang tidak terjadi pada semua orang karena tedapat beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti  faktor genetik atau bawaan sehingga kulit terlalu sensitif, virus, dan juga penyakit tertentu.

Gejala Alergi Dingin

Selain kulit menjadi kemerahan dan gatal, terdapat beberapa tanda atau gejala alergi dingin, seperti tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin.

Ketika sudah parah, alergi dingin bisa menyebabkan sulit bernafas karena tenggorokan dan lidah membengkak, tekanan darah menurun, jantung berdebar lebih kencang, bahkan bisa sampai pingsan.