Sedih, Gajah di Kamboja Sering Terluka Karena Jebakan Buatan Manusia

By willa widiana, Senin, 16 Juli 2018 | 15:30 WIB
Gajah Asia ()

Bobo.id – Gajah Asia merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Gajah Asia tersebar di beberapa wilayah, salah satunya di Pegunungan Cardamon, Kamboja.

Wilayah ini punya hutan hujan yang lebat, sangat cocok untuk tempat tinggal gajah. Namun, Pegunungan Cardamon juga dipenuhi jebakan buatan manusia.

BACA JUGA:Gajah Bisa Tidur Sambil Makan, lo! Lihat Juga Fakta Unik Lainnya, yuk!

Salah Sasaran

Jebakan itu dibuat oleh para pemburu. Sebenarnya, mereka hanya ingin menangkap babi hutan dan rusa liar di Pegunungan Cardamon.

Para pemburu berpikir, gajah bisa keluar dari jebakan itu tanpa terluka. Karena itu, mereka terus memasangnya di berbagai titik.

Melukai Gajah

Apa yang dibayangkan para pemburu berbeda dengan kenyataan. Saat jebakan mengenai kaki gajah, kawat jebakan akan langsung melilit pergelangan kaki gajah.

Gajah memang bisa meloloskan diri dari jebakan itu. Namun, kaki yang terkena jebakan akan terluka dan alat tajam dari jebakan suka ada yang tertanam di kaki gajah.

BACA JUGA:Gemas! Bayi Gajah Ternyata Punya Kebiasaan Mengisap Belalainya

Menyebabkan Infeksi

Menurut Kak Susan Mikota, dokter hewan dan pendiri Elephant Care International, luka yang disebabkan oleh jebakan itu bisa menyebabkan kematian bagi anak gajah.

O iya, kawat jebakan yang melilit kaki gajah akan membuat aliran darah di kaki gajah terganggu. Hal itu tentu tidak baik. Luka yang disebabkan oleh jebakan juga bisa memicu infeksi.