Elang Botak, Burung Pemangsa yang Menjadi Lambang Negara Amerika

By willa widiana, Minggu, 22 Juli 2018 | 15:00 WIB
Elang botak, hewan yang jadi lambang negara Amerika. (publicdomainpictures.net)

Bobo.id – Indonesia memilih rajawali sebagai lambang negaranya. Jika diperhatikan, burung rajawali itu agak mirip dengan elang.

Selain Indonesia, ada juga beberapa negara yang menggunakan burung sebagai lambang negaranya. Salah satunya Amerika.

Negara ini menggunakan elang botak sebagai lambang negaranya. Cari tahu sesuatu yang berhubungan dengan elang botak lebih jauh, yuk!

BACA JUGA:Keren! Ini Dia Seniman yang Karyanya Berupa Awan dan Pelangi Buatan

Sejak 1782

Elang botak sudah dipilih menjadi lambang negara Amerika sejak 20 Juni 1782. Elang ini dipilih karena umurnya yang panjang, kekuatannya yang luar biasa, dan penampilannya yang gagah.

Alasan lain kenapa burung ini dijadikan lambang Amerika adalah elang botak bisa ditemukan di seluruh negara bagian Amerika, kecuali Hawaii.

Membuat Sarang yang Kuat

Elang botak suka membuat sarang yang kuat, jadi bisa digunakan selama beberapa tahun. Supaya tetap kuat, elang botak biasanya menambahkan ranting dan dedaunan secara rutin.

Di Ohio, Amerika, pernah ditemukan sarang elang botak dengan lebar 2,4 meter dan beratnya hampir mencapai 2000 kilogram.

BACA JUGA:Ada Pelangi Muncul di Malam Hari, Kenapa Bisa Begitu?

Cakar dan Paruh yang Tajam

Elang botak punya cakar yang kuat untuk menangkap mangsa, seperti kelinci. Selain kuat, cakar elang juga tajam, lo, teman-teman.