Menurut Penelitian, Mengonsumsi Belalang Bisa Menyehatkan Usus

By willa widiana, Rabu, 8 Agustus 2018 | 17:30 WIB
Belalang (Pixabay)

Bobo.id – Belalang merupakan sejenis serangga yang bisa kita temui dengan mudah, terutama di sawah dan perkebunan.

Di beberapa wilayah Indonesia, belalang biasanya diolah menjadi camilan dengan beragam rasa, mulai dari pedas hingga manis.

Bicara soal belalang, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi belalang bisa menyehatkan usus dan bakteri di dalamnya, lo, teman-teman.

BACA JUGA:Rambut Aneh Keluar dari Perut Belalang Ini, Sebenarnya Apa, ya?

Kaya Nutrisi

Tubuh kita memerlukan nutrisi. Nutrisi yang diperlukan tubuh bisa kita dapatkan dari beragam makanan, mulai dari daging, sayur, dan buah.

Menurut penelitian, belalang juga mengandung banyak nutrisi, mulai dari protein, vitamin, mineral, dan juga lemak sehat.

Belalang juga mengandung serat chitinous. Serat ini berbeda dengan serat yang ada di dalam buah, sayur, dan biji-bijian.

BACA JUGA:Termasuk Serangga Kuat dalam film A Bug's Life, Ini Dia Fakta Belalang

Baik untuk Usus dan Bakteri di Dalamnya

Serat yang ada di dalam serangga itu bisa menyehatkan usus dan menurunkan risiko terkena penyakit radang usus hingga kanker.

Serat di dalam serangga juga bisa meningkatkan bakteri Bifidibacterium animalis. Itu adalah salah satu bakteri baik yang ada di dalam usus.

Bakteri baik ini punya beberapa tugas, misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan menjaga kenyamanan pencernaan.