Tidak hanya Taman Safari, Ada juga Taman Bumi Alias Geopark, Lo!

By Retno Nurul Aisyah, Rabu, 8 Agustus 2018 | 18:00 WIB
Taman bumi atau Geopark Ciletuh Sukabumi yang telah diakui dunia (Dok. Pemrov Jawa Barat)

Bobo.id – Kalau sedang liburan, taman apa saja, sih, yang biasanya teman-teman kunjungi? Taman safari? Taman bunga dan buah? Taman kota?

Nah, kalau taman bumi teman-teman sudah tahu, belum? Taman bumi lebih sering disebut dengan geopark, singkatan dari geological park atau taman geologi.

Geopark adalah sebuah kawasan terpadu yang di dalamnya terdapat berbagai unsur bumi yang memiliki nilai warisan alam dan budaya, benda alam bersejarah, serta lingkungan.

BACA JUGA: Chungcheongnam, Tempat Wisata untuk Belajar Sejarah, Budaya, dan Alam

Geopark Nasional

Ada dua jenis geopark yakni geopark nasional dan internasional. Geopark nasional adalah taman geologi yang diakui, dijaga serta diatur dalam undang-undang sebuah negara mengenai penjagaan dan perawatannya.

Di Indonesia, ada sekitar 21 geopark yang telah tergabung dalam Indonesia Geopark Networks (IGN). Enam diantaranya telah ditetapakan sebagai “Geopark Nasional”.  

BACA JUGA: Ternyata, Bunga Melati Dijadikan Bunga Nasional di Beberapa Negara

Geopark Internasional

Sedangkan geopark internasional adalah geopark yang diakui secara internasional atau diakui seluruh dunia sebaga warisan alam.

Geopark internasional hanya bisa diakui oleh UNESCO, sebuah organisasi internasional yang membidangi penjagaan keilmuan dan budaya di dunia.

BACA JUGA: Tengok Bandara Internasional Terbesar Kedua di Indonesia, Yuk!