Di Laut juga Ada Timun yang Bisa Dimakan, lo! Ini Dia Teripang

By Retno Nurul Aisyah, Sabtu, 11 Agustus 2018 | 16:00 WIB
Teripang si timun laut yang bisa dimakan (KOMPAS/Ingki Rinaldi)

Bobo.id – Tidak hanya di daratan yang ada timun, di lautan ternyata juga ada jenis spesies bernama timun laut. Timun laut ada yang bisa dimakan dan tidak.

Nah, timun laut yang bisa dimakan dinamakan dengan teripang, teman-teman. Teripang termasuk hewan yang tidak mempunyai tulang belakang seperti cacing dan siput.

Panjang teripang mulai dari 1-30 centimer, dengan warna yang. Tapi, kebanyakan teripang bewarna coklat, kuning, dan hitam.

BACA JUGA: Berkenalan dengan Ikan Opah, Ikan Berdarah Panas Pertama di Dunia

Fakta Unik

Teripang tidak mempunyai mata, hidung, dan telinga, seperti kebanyakan hewan. Teripang bergerak dan beraktivitas hanya mengandalkan indra peraba pada kulitnya.

Meskipun begitu, teripang punya kekuatan berupa racun bernama holothurin. Racun ini menjadi senjata yang dikeluarkan teripang saat diancam musuh.

Penghasil Teripang Terbesar

Tahukan teman-teman negara mana yang menjadi penghasil teripang terbesar? Jawabannya adalah negara kita, Indonesia! Wow, keren, ya?

Berdasarkan catatan dari Badan Pangan dan Pertanian PBB atau disebut FAO, di tahun 2002 Indonesia tercatat sebagai penghasil teripang terbesar di dunia.

Suhu laut Indonesia yang berada antara samudera hindia dan pasifik sangat cocok dengan teripang. Itu sebabnya teripang amat banyak ditemukan di perairan Indonesia.  

BACA JUGA: Keindahan Bawah Laut Indonesia