Menang di Piala AFF, Timnas U-16 Indonesia Bersiap untuk Piala AFC

By willa widiana, Minggu, 12 Agustus 2018 | 11:04 WIB
Timnas U-16 Indonesia Berhasil Memenangi Piala AFF (Kompas/Bahana Patria Gupta via Instagram - hariankompas)

Bobo.id – Tadi malam, Timnas U-16 Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya. Pertandingan final itu diadakan di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Di pertandingan final tadi malam, skor pertandingannya adalah 1 – 1. Namun, Indonesia berhasil mendapat 4 poin di adu pinalti, sedangkan Thailand hanya mendapat 3 poin.

BACA JUGA:Keren, Lukisan Pesepak Bola Dunia Ini Dilukis dengan Pasta Gigi!

Kemenangan ini membahagiakan Indonesia. Soalnya, di tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016 Indonesia selalu kalah di babak final.

Namun, di tahun 2018, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan final dan menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya.

Sekilas Tentang Piala AFF

Piala AFF (ASEAN Football Federation) adalah kejuaraan sepak bola untuk negara-negara di Asia Tenggara. Kejuaraan ini diadakan oleh ASEAN Football Federation.

Pada awalnya, kejuaraan ini dinamai Tiger Cup. Namun, seiring berjalannya waktu, nama kejuaraan ini pun berubah menjadi AFF Championship atau dikenal dengan nama Piala AFF.

BACA JUGA:Ini 4 Hadiah Keren untuk Tim Sepak Bola Thailand yang Terjebak di Gua

Kejuaraan ini diadakan sejak tahun 1996 dan diadakan setiap dua tahun sekali. Acara ini diadakan secara bergilir di salah satu negara yang mengikuti.

Namun, sejak tahun 2002, ada sedikit perubahan peraturan. Piala AFF jadi diadakan di dua negara sekaligus.

Piala Dunia FIFA U-17

Selain Piala AFF, ada juga Piala AFC (Asia Football Confederation). Ini adalah kejuaraan sepak bola untuk negara di seluruh benua Asia.