Jadi Olahraga Paling Populer, Seperti Apa Sejarah Sepak Bola?

By Tyas Wening, Jumat, 14 September 2018 | 16:00 WIB
Olahraga Sepak Bola (Bobo.id)

Bobo.id - Adakah teman-teman Bobo di sini yang suka bermain sepak bola atau bercita-cita menjadi pemain sepak bola?

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang paling populer dan banyak dimainkan di banyak daerah dan negara, lo.

Sepak bola juga bisa dimainkan di mana saja, tidak selalu di lapangan sepakbola, tapi bisa di lapangan sekitar rumah, jalan depan rumah, bahkan di garasi rumah teman-teman.

Bola sepak yang digunakan saat ini juga sudah banyak macamnya, tapi tahukah teman-teman, saat pertama kali dimainkan, bola yang digunakan beratnya mencapai 7 kilogram!

Baca Juga : 9 Rangkaian Uji Kesehatan untuk Jadi Pemain Sepak Bola Profesional

Bangsa Tiongkok merupakan yang pertama kali menjadikan sepak bola sebagai olahraga, dengan menendang bola ke gawang yang memakai net pada abad ke-3 Sebelum Masehi.

Walaupun bangsa Tiongkok merupakan bangsa pertama yang memainkan sepak bola dengan cara menendang bola ke dalam gawang, ternyata bangsa Tiongkok bukan pencipta olahraga sepak bola, lo.

Meskipun belum diketahui dengan pasti siapa yang menciptakan sepak bola, tapi olahraga ini sangat populer di negara-negara Mesoamerika, yaitu daerah yang membentang dari Meksiko hingga Kosta Rika.

Baca Juga : Bertanding Selama 90 Menit, Seberapa Jauh Pemain Sepak Bola Berlari?

Suku Aztec dan suku Maya mulai memainkan sepak bola sekitar 3.000 tahun yang lalu, dan diberi nama ullamalizti oleh suku Aztec dan pok-ta-pok oleh suku Maya.

Bola yang digunakan terbuat dari karet dan berongga, tapi sangat berat, bahkan bisa mencapai 7 kilogram, lo! Wah berat sekali, ya.

O iya, pada awal diciptakan, para pemain sepak bola justru tidak boleh menyentuh bola menggunakan tangan dan kaki, lo.