5 Tsunami Terparah di Dunia, 2 di Antaranya Terjadi di Indonesia

By Bobo.id, Jumat, 14 September 2018 | 18:00 WIB
Tsunami ( Creative Commons - David Rydevik)

Bobo.id – Tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsunami merupakan gabungan dari dua kata, yakni “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang.

Tsunami merupakan salah satu peristiwa alam yang berbahaya, karena bisa menghancurkan wilayah di sekitarnya dan menyebabkan korban jiwa.

Tsunami sudah terjadi di banyak tempat. Namun, ada 5 tsunami terparah di dunia, 2 di antaranya terjadi di Indonesia, lo, teman-teman.

Baca Juga : Mengenal Tsunami, Gelombang Tinggi yang Berbahaya Bagi Manusia

1. Krakatau, Indonesia, 27 Agustus 1883

Di tahun 1883, tepatnya tangga 27 Agustus, gunung api kaldera Krakatau meletus dan menyebabkan gelombang setinggi 37 meter.

Tsunami ini disebabkan oleh letusan gunung, bukan gempa. Namun, korban jiwa yang jatuh ada banyak, yakni sekitar 40.000 orang.

Baca Juga : Yuk, Berkunjung ke 6 Objek Wisata untuk Mengenang Tsunami Aceh

2. Aceh, Indonesia, 26 Desember 2004

Pada 26 Desember 2004, ada gempa berkekuatan 9,1 skala richter di lepas pantai Sumatera. Gempa itu diperkirakan terjadi di kedalaman 30 kilometer.

Getaran ini menyebabkan gelombang setinggi 50 meter. Gelombang itu menerpa wilayah Aceh dan membuatnya hancur seketika.

Tak hanya di Aceh, getaran ini juga menyebabkan gelombang tinggi di beberapa wilayah Asia, Amerika, Inggris, dan Antartika.

Tsunami ini menyebabkan kerugian sebesar 10 biliun dollar Amerika. Tak hanya itu, ada 230.000 orang yang meninggal dalam bencana ini.