Hidup Berdampaingan, Ikan Goby dan Udang Pistol Saling Menguntungkan

By Tyas Wening, Jumat, 21 September 2018 | 17:00 WIB
ikan goby dan udang pistol (Mongabay)

Bobo.id - Ikan goby merupakan ikan kecil yang banyak ditemui di barat laut Pasifik, perairan Jepang, dan juga di perairan Indonesia.

Berukuran mungil, ikan goby yang terbesar hanya memiliki panjang 3,5 cm. Hal ini membuatnya mudah bersembunyi di antara karang-karang.

Meskipun bukan ikan yang agresif, ternyata ikan goby ini sangat sensitif terhadap gerakan, jadi jika ada sesuatu yang bergerak di dekatnya, ikan goby akan segera bersembunyi.

O iya, ikan goby merupakan ikan yang bersifat teritorial, yang artinya akan bersikap agresif jika ada ikan lain yang mempunyai ukuran yang sama masuk ke daerah tempat tinggal ikan goby.

Baca Juga : Populasinya Semakin Berkurang, Penyu Jadi Hewan yang Terancam Punah!

Tapi meskipun ikan goby termasuk ikan teritorial, ikan goby dapat hidup berdampingan dan menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan hewan laut lain, lo, yaitu udang pistol.

Udang pistol biasanya banyak dijumpai di perairan dangkal, terutama di terumbu karang daerah tropis dan subtropis.

Udang ini juga dikenal dengan nama snapping shrimp karena udang pistol akan mengeluarkan bunyi meletik jika ada predator yang menyerang.

Ternyata ikan goby dan udang pistol ini dapat hidup berdampingan dan saling menguntungkan, lo.

Baca Juga : Unik! Telur Mata Sapi Ini Dikreasikan Menjadi Berbagai Bentuk

Ikan goby dan udang pistol dapat tinggal dalam satu lubang yang sama, yaitu di dasar perairan yang dangkal, sekitar 3 sampai 5 meter.

Saat udang pistol mulai menggali lubang sedalam 5,5 sentimeter dan diameter 3,5 sentimeter, ikan goby akan menggunakan lubang tersebut untuk beristirahat saat malam hari.