Melihat Yaodong, Rumah Gua Tempat Tinggal Penduduk Tiongkok

By Tyas Wening, Rabu, 24 Oktober 2018 | 16:01 WIB
Yaodong atau rumah goa di Tiongkok (Kuang Linhua/China Daily)

Bobo.id - Pada zaman nenek moyang kita dulu, mereka menjadikan gua sebagai tempat tinggal mereka.

Seiring perkembangan zaman, manusia sudah bisa membangun rumah menggunakan berbagai bahan, alat berat, bahkan membangun rumah bertingkat, nih.

Meskipun saat ini sudah banyak berbagai model rumah yang sering teman-teman lihat, ternyata penduduk Tiongkok masih ada yang tinggal di rumah tradisional, lo.

Sekitar 40 juta penduduk Tiongkok ternyata masih tinggal di dalam sebuah rumah gua, lo.

Salah satunya di dataran tinggi Loess, Tiongkok bagian utara, yang penduduknya kebanyakan tinggal dalam yaodong, atau rumah gua.

Baca Juga : Bisa Dihuni oleh 100 Orang, Inilah Keunikan Rumah Lamin Suku Dayak

Di Loess, kita bisa melihat banyak lubang besar yang digali menjadi rumah gua.

Rumah gua yang ada di dataran tinggi Loess ini menjadi salah satu tempat yang penting bagi sejarah Tiongkok, karena merupakan tempat lahir awal peradaban Tiongkok.

Dataran tinggi Loess terbentuk dari pengendapan partikel tanah yang sangat halus dan liat, nih, yang mengakibatkan tanahnya sangat subur, mudah ditanami, dan digali.

Karena sifat tanah inilah membuat penduduknya memilih untuk menggali tanahnya menjadi sebuah goa dan tinggal di dalamnya.

Yaodong pertama kali muncul pada periode Dinasti Xia sekitar 4.000 tahun yang lalu dan menjadi sangat populer pada periode Dinasti Ming tahun 1368 hingga 1644 dan Dinasti Qing tahun 1644 hingga 1912.

Baca Juga : Rumah Unik Berbentuk Nautilus, Bagaimana Dalamnya, ya?