Spesies Burung Baru Ditemukan, Hanya Bisa Hidup di Pulau Rote Indonesia

By Tyas Wening, Minggu, 28 Oktober 2018 | 14:07 WIB
Burung Rote Leaf-Warbler (Philippe Verbelen)

Bobo.id - Riset gabungan yang dilakukan oleh National University of Singapore (NUS) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menemukan burung penyanyi spesies baru, nih, di Indonesia.

Burung penyanyi yang tepatnya dtemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur ini, diberi nama Rote leaf-Wrabler (Phylloscopus rotiensis) yang masih satu keluarga dengan burung cingkrak.

Penelitian ini dilakukan dengan cara mencocokkan DNA dan analisis morfologi, yaitu mencocokkan bagian tubuh burung tersebut.

Nah, dari analisis yang dilakukan tersebut, peneliti bisa mengetahui bahwa burung Rote Leaf-Warbler merupakan burung jenis baru dan hanya bisa hidup di Pulau Rote.

Baca Juga : Mengapa Ada Burung yang Tidak Bisa Terbang? Ayo, Kita Cari Tahu!

Meskipun burung Rote Leaf-Warbler termasuk dalam kelompok warbler Asia, tapi burung Rote Leaf-Warbler ternyata punya sebuah keistimewaan, nih.

Burung Rote Leaf-Warbler memiliki paruh yang lebih panjang dibandingkan dengan burung dari kelompok yang sama.

Nathaniel Ng, peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan kalau bentuk paruh yang sangat panjang tersebut kemungkinan merupakan bentuk adaptasi burung Rote Leaf-Warbler.

Diketahui pulau Rote memiliki karakteristik daerah yang cenderung kering, berbeda dengan tempat tinggal burung leaf-warbler Asia lainnya yang tinggal di hutan yang lembap.

Baca Juga : Harpy Eagle, Elang Terbesar di Dunia yang Mirip Hippogriff dalam Cerita Harry Potter