Ilmuwan Menemukan Sistem Unik Pembangunan Piramida, Bagaimana Caranya?

By Tyas Wening, Selasa, 13 November 2018 | 18:22 WIB
Ilmuwan menemukan cara Piramida Mesir dibangun (Pixabay)

Bobo.id - Kalau bicara mengenai Mesir, yang terlintas di pikiran kita pasti Piramida dan patung-patung berukuran besar dan juga mumi.

Piramida Agung Giza yang terkenal itu dibangun sekitar 4.500 tahun yang lalu dan menyisakan banyak misteri bagi para peneliti, nih, teman-teman.

Yap, hal ini karena pada saat itu belum ada teknologi ataupun alat-alat berat yang bisa digunakan untuk membantu mengangkat dan menyusun batu-batu berat tersebut menjadi piramida yang tinggi.

Tapi tim peneliti dari French Institute for Oriental Archaelogy di kairo dan University of Liverpool di Inggris berhasil menemukan bukti yang bisa membantu memecahkan cara pembuatan piramida tersebut, nih.

Baca Juga : Kaus Kaki Bergaris Sudah Digunakan Anak-Anak Bangsa Mesir Kuno, dari Mana Sumber Warnanya?

Bukti ini ditemukan dari sisa-sisa sistem unik yang digunakan untuk mengangkut dan memindahkan batu-batu besar dari tambang batu pualam atau marmer bernama Hatnub yang ada di gurun bagian timur.

Piramida besar sebenarnya terbuat dari batu kapur, tapi orang Mesir biasanya juga menggunakan batu marmer untuk bagian lantai, patung, peti mati, atau vas.

Peneliti menemukan dengan menggunakan kereta luncur, orang Mesir bisa menarik batu-batu besar marmer keluar dari tambang di lereng yang sangat curam.