Bobo.id - Apakah teman-teman tahu apa saja jenis-jenis iklan elektronik di sekitar kita? Lalu unsur apa saja dalam iklan elektronik yang membuatnya menarik, ya?
Nah, dalam materi pelajaran kelas 5 tema 9, kita mempelajari tentang iklan, salah satunya jenis-jenis iklan elektronik.
Yuk, kita cari tahu jenis-jenis iklan elektronik yang ada di sekitar kita serta unsur dalam iklan elektronik yang membuatnya menarik!
Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 1: Apa yang Dimaksud dengan Iklan?
Apa yang Dimaksud Iklan Elektronik?
Iklan elektronik adalah jenis iklan atau promosi yang penyebarannya menggunakan berbagai media elektronik, teman-teman.
Kita bisa melihat berbagai jenis iklan elektronik melalui media elektronik yang ada di sekitar kita, teman-teman.
Media elektronik tidak hanya digunakan untuk mendapatkan informasi seperti berita terbaru, ilmu pengetahuan, dan hiburan. Melainkan juga dijadikan sarana iklan.
Baca Juga: Penjelasan Lengkap Gerak Dominan Senam Ketangkasan, Materi PJOK Kelas 5 SD
Jenis-Jenis Iklan Elektronik
Jenis-jenis iklan elektronik antara lain yaitu:
1. Iklan di televisi berupa tayangan audio visual yang bisa dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks.
Kita bisa melihat iklan televisi di antara tayangan program yang sedang kita tonton dan ada juga iklan televisi yang ditayangkan saat program tertentu berlangsung.
2. Iklan di radio berupa audio yang merupakan komunikasi kata-kata (voice) dan efek suara (sound effect).
Iklan radio bisa kita dengarkan saat sedang mendengarkan program radio, baik iklan yang disampaikan penyiar radio maupun iklan di antara program acara radio.
3. Iklan di internet bisa berupa iklan audio visual, iklan audio, ataupun iklan visual berupa gambar yang ditunjang teks.
Karena banyak macamnya, kita bisa melihat iklan internet di berbagai tempat, misalnya iklan yang terpasang di aplikasi tertentu atau iklan banner di situs yang sedang kita kunjungi.
Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 1: Ciri-Ciri Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Perairan
Unsur-Unsur Iklan Agar Menarik
Untuk membuat iklan yang menarik, pengiklan perlu memerhatikan beberapa unsur. Antara lain:
Perhatian: iklan harus bisa menarik perhatian masyarakat
Minat: iklan bisa memunculkan minat, sehingga muncul rasa ingin tahu dari konsumen terkait produk atau jasa yang diiklankan
Keinginan: iklan mencakup cara menggerakkan keinginan konsumen
Rasa percaya: iklan bisa membuat konsumen percaya, misalnya dengan peragaan tertentu
Tindakan: iklan bisa mendorong konsumen untuk melakukan tindakan konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan
Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V Tema 9, Edisi Revisi 2017
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di www.gridstore.id/
dan teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Penulis | : | Avisena Ashari |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR