Bobo.id - Dalam pembelajaran kelas 5 tema 9, kita belajar tentang iklan. Di antaranya ada materi tentang iklan elektronik.
Iklan elektronik merupakan jenis iklan atau promosi yang penyebarannya menggunakan berbagai media elektronik,
Apa saja unsur iklan elektronik dan jenis iklan elektronik berdasar isinya?
Yuk, kita cari tahu!
Baca Juga: Materi Kelas 5 Tema 9: Tujuan Iklan serta Ciri-Ciri Iklan Baris dan Iklan Kolom di Media Cetak
Unsur-Unsur Iklan Elektronik
Ada beberapa jenis iklan elektronik, yaitu iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
Masing-masing iklan elektronik itu memiliki unsur atau karakteristik masing-masing.
1. Unsur-unsur Iklan Televisi
- Suara: Dalam iklan televisi ada unsur suara, seperti suara manusia, suara hewan, musik, atau efek suara lainnya.
- Gambar: Dalam televisi memiliki unsur gambar, misalnya produk yang ditawarkan atau orang yang menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.
- Gerak: Iklan televisi juga mengandung unsur gerak seperti video atau animasi yang membuatnya menarik.
- Tulisan: Iklan televisi biasanya mengandung teks atau tulisan yang singkat, misalnya penjelasan produk yang diiklankan.
Baca Juga: Materi Kelas 5 Tema 9: Jenis-Jenis Iklan Elektronik dan Unsur Iklan Agar Menarik
2. Unsur-unsur Iklan Radio
Dalam radio hanya ada satu unsur, yaitu unsur suara.
Suara dalam radio bisa berupa suara yang berisi penjelasan tertentu, musik, dan efek suara lainnya.
3. Unsur-unsur Iklan Internet
Kurang lebih iklan internet memiliki unsur yang sama dengan iklan televisi, yaitu ada unsur suara, gambar, tulisan, dan gerak.
Namun ada juga iklan internet yang hanya memiliki sebagian dari unsur-unsur itu, misalnya ada iklan internet yang hanya memiliki unsur gambar dan tulisan.
Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 1: Apa yang Dimaksud dengan Iklan?
Jenis Iklan Elektronik Berdasar Isinya
Berdasarkan isinya, iklan elektronik dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
1. Iklan Komersial
Iklan komersial merupakan iklan yang menginformasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen.
2. Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan merupakan iklan yang menunjukkan gambaran atau informasi seputar perusahaan.
Biasanya iklan perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kesan tertentu perusahaan di mata masyarakat luas.
3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi tertentu pada masyarakat.
Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh instansi pemerintahan.
Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 9, Edisi Revisi 2018
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di www.gridstore.id/
dan teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com
Penulis | : | Avisena Ashari |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR