Bobo.id - Iklan dapat dimuat dalam dua media yang berbeda, yaitu di media cetak seperti koran di majalah, atau di media elektronik seperti televisi, radio, atau internet.
Dalam pembuatan iklan di media cetak maupun di media elektronik, ada berbagai unsur yang harus diperhatikan dan ciri-ciri yang membedakan satu sama lain.
Salah satu ciri-ciri iklan yang ada dalam pembuatan iklan media cetak adalah pada penggunaan bahasanya.
Bahasa yang digunakan pada iklan media cetak harus menarik, agar konsumen juga tertarik untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Baca Juga: Apa yang Dimaksud Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia?
Jika bahasa yang digunakan pada iklan media cetak menarik, maka semakin banyak yang akan tertarik untuk melihat iklan itu.
Saat sudah banyak yang melihat atau tertarik dengan iklan yang ditawarkan di media cetak, maka bisa meningkatkan penjualan barang.
Yuk, cari tahu seperti apa ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak!
Baca Juga: Mempelajari Definisi Serta Contoh-contoh Barisan Dan Deret Matematika
Ciri-Ciri Bahasa pada Pembuatan Iklan di Media Cetak
Pada pembuatan iklan di media cetak, penggunaan bahasa pada iklan harus diperhatikan.
Ciri-ciri bahasa pada iklan di media cetak adalah sebagai berikut:
1. Informatif
Iklan merupakan media yang digunakan untuk menginformasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.
Karena fungsinya inilah, maka bahasa yang digunakan dalam iklan haruslah informatif.
Informatif artinya, iklan dapat memberikan informasi yang jelas kepada konsumen yang membaca iklan itu.
Bahasa yang informatif artinya adalah pemilihan kata harus jelas, tidak terlalu panjang, dan padat namun bisa memberikan informasi yang lengkap.
Baca Juga: Cara Menghitung Keliling Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga
2. Persuasif
Selain memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang ditawarkan, iklan juga bertujuan untuk mengajak konsumen membeli produk yang ditawarkan.
Maka dari itu, bahasa yang digunakan dalam iklan media cetak juga harus dapat meyakinkan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
Bahasa yang digunakan sebaikya adalah bahasa yang bisa mengajak konsumen untuk membeli barang atau menggunakan produk itu.
Agar bisa menarik konsumen, maka pemilihan kata dan bahasa yang digunakan harus dibuat semenarik mungkin.
3. Komunikatif
Ada berbagai jenis iklan di media cetak, seperti koran, yaitu iklan baris dan iklan kolom.
Dua jenis iklan ini memiliki perbedaan pada banyaknya kata yang bisa digunakan untuk iklan.
Kata yang digunakan pada iklan baris lebih sedikit dari iklan kolom karena terbatasnya tempat.
Inilah sebabnya, sebuah iklan harus memiliki bahasa yang komunikatif, terutama di media cetak.
Tujuan dari kalimat yang komunikatif ini adalah agar orang yang membaca iklan dapat memahami isi iklan dan produk yang ditawarkan dengan baik.
Baca Juga: Kompor Biogas Kotoran Sapi Ramah Lingkungan, Ini Penjelasannya! Materi Kelas 4 Tema 9
4. Sugestif
Selain menggunakan kalimat yang persuasif atau dapat mengajak pembaca untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa, kalimat pada iklan juga harus sugestif.
Ciri bahasa yang sugestif ini berarti iklan bisa atau mampu untuk memikat pembaca dan membuat konsumen memiliki pandangan tertentu pada produk.
Jika kalimat yang digunakan pada iklan bisa memikat konsumen, maka kemungkinan besar konsumen akan membeli produk itu.
-----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Penulis | : | Tyas Wening |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR