Bobo.id - Ada dua jenis iklan, yaitu iklan di media cetak dan iklan di media elektronik.
Perbedaan utama dari kedua jenis iklan ini adalah media yang digunakan untuk menampilkan atau memuat iklan.
Iklan di media cetak menggunakan media seperti koran atau majalah untuk menampilkan iklan.
Sedangkan iklan elektronik ditampilkan melalui media elektronik seperti televisi, radio, maupun internet.
Baca Juga: Ciri-Ciri dan Perbedaan Iklan Baris dengan Iklan Kolom, Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 3
Karena ditampilkan di media yang berbeda, maka karakteristik atau ciri dari kedua jenis iklan ini juga berbeda.
Perbedaan kerakteristik yang juga terlihat dari kedua jenis iklan ini adalah dari ciri-ciri bahasa yang digunakan.
Sebelumnya, Bobo sudah menjelaskan mengenai ciri-ciri bahasa pada iklan di media cetak. Kali ini, kita cari tahu ciri-ciri bahasa pada iklan elektronik, yuk!
Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Keragaman Sosial Budaya Indonesia serta Manfaatnya
Alasan Unsur Bahasa Penting dalam Iklan
Saat membuat sebuah iklan, bahasa menjadi unsur penting yang harus diperhatikan dan ditentukan dengan baik.
Sebab bahasa dalam iklan dapat membuat orang yang melihatnya jadi tertarik untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan dari iklan.
Pemilihan bahasa dan kata-kata dalam iklan juga akan memengaruhi informasi yang sampai ke calon konsumen.
Inilah sebabnya, ada beberapa ciri bahasa yang digunakan pada iklan, baik itu iklan di media cetak maupun iklan elektronik.
Karena media yang digunakan berbeda, maka ciri-ciri iklan pada kedua media ini berbeda.
Ciri-Ciri Bahasa pada Iklan Media Elektronik
Iklan elektronik memiliki bahasa yang juga bisa menarik calon konsumen yang menjadi sasaran dari pemilik usaha.
Berikut ini ciri-ciri bahasa pada iklan media elektronik:
- Iklan menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang tepat, logis, dan sopan. Ini artinya, iklan elektronik harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan produk yang diiklankan.
- Bahasa yang digunakan dalam iklan elektronik juga harus yang dapat memberikan sugesti kepada konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan.
- Kata yang dipilih harus mengandung informasi yang jelas mengenai produk, agar konsumen dapat mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan.
Baca Juga: Mengenal Surat Pribadi, Mulai dari Pengertian Hingga Contohnya
- Pilihan kata yang digunakan dalam iklan harus menujukkan sasaran yang dituju, misalnya iklan untuk anak-anak, maka menggunakan kata-kata yang sering digunakan untuk anak-anak.
- Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, namun menarik, karena iklan di media elektronik terbatas waktu sehingga bahasa dan kata yang digunakan harus singkat, padat, namun jelas agar informasinya tersampaikan dengan baik.
-----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Tyas Wening |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR