Bobo.id - Materi selanjutnya setelah menentukan peta pikiran dari sebuah teks, adalah materi persatuan dan kesatuan berdasarkan teks bacaan "Kami Berbeda, namun Bekerja Sama".
Sebelum mengetahui kunci jawaban dari teka bacaan, sebaiknya teman-teman bisa membaca dahulu teks berikut ini.
Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.
Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.
Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.
“Seru dan menantang!” kata mereka. Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar, “Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.
Baca Juga: Cara Menentukan Faktor Persekutuan Terbesar, Materi Kelas 4 SD
“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.
Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?
Jawaban: perbedaan yang saya temukan dalam cerita ‘Kami Berbeda, namun Bekerja Sama’ adalah perbedaan adat, warna kulit, kebiasaan, agama, bahasa, dan berbagai macam permainan tradisional.
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Jawaban: sikap Edo dan kawan-kawannya merasa gembira dan menerima perbedaan yang ada. Karena adanya perbedaan, membuat Edo dan kawan-kawannya bisa tetap bekerja sama, bersatu, dan rukun.
Baca Juga: Rangkuman dan Contoh Soal Matematika: Jenis-Jenis Sudut Lengkap dengan Gambar
Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
Jawaban: perbedaan tidak menghalangi Edo dan kawan-kawannya. Karena, perbedaan menjadikan Edo dan kawan-kawannya bisa tetap bekerja sama, bersatu, dan rukun.
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Jawaban: manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda adalah memperluas wawasan dengan mengenal bahasa, adat, dan kebudayaan daerah lain.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Jawaban: saya pernah bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda. Contohnya, saat peringatan kemerdekaan, saya dan bersama teman yang lainnya mengikuti lomba tarik tambang. Meskipun kita berbeda warna kulit dan agama, kita tetap bisa bekerja sama agar menang.
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Jawaban: saya menyikapi perbedaan dengan cara toleransi dan saling menghargai.
Baca Juga: Contoh Soal Materi Kelas 6 Tema 2 Subtema 1: Kerukunan dalam Perbedaan
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban: manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari adalah menciptakan masyarakat yang damai dan rukun.
Nah, itulah jawabannya. Jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
(Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 2, Persatuan dalam Perbedaan Edisi Revisi 2018)
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
MILKU Milk Farm Hadir di KidZania Jakarta, Ajak Anak-Anak Menjadi Peternak Sapi
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR